Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Manfaat Sirkumsisi untuk Bayi Fimosis

Artikel Kesehatan Kamis, 04 Oktober 2018 18:27
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - sirkumisi pada bayi fimosis sunat123.com - sirkumisi pada bayi fimosis

Sirkumsisi adalah istilah lain dari sunat. Sebelum membahas tentang sirkumisisi, ada baiknya Anda mengenal arti fimosis terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan fimosis? Fimosis adalah kondisi yang terjadi pada seseorang ketika kulit preputium (kulit kulup penis) tidak dapat ditarik ke arah pangkal. Hal ini mengakibatkan kepala penis dan lubang kencing menjadi tertutup.

Mengenal Fimosis

Ada 2 jenis fimosis, yaitu fimosis kongenital (fimosis fisiologis) dan fimosis patologis. Fimosis kongenital adalah fimosis yang timbul sejak lahir, sebenarnya kondisi normal pada anak hingga remaja. Sementara itu, fimosis patologis adalah fimosis yang terjadi karena terbentuknya cincin jaringan ikat pada preputium. Fimosis jenis ini disebabkan oleh infeksi berulang karena buruknya kebersihan.

Umumnya, keluhan fimosis dialami oleh bayi hingga anak-anak berusia 3 tahun. Namun pada kondisi tersebut dapat dapat menimbulkan masalah, misalnya peradangan pada ujung preputium dan ISK berulang. Langkah yang mungkin diberikan dapat berupa:

  1. Pemberian Krim Kortikosteroid
    Mengoleskan salep yang mengandung kortikosteroid tujuannya untuk mengendurkan kulit. Namun, obat ini tidak dapat diaplikasikan jika ada komplikasi yang terjadi. Komplikasi yang dapat terjadi apabila fimosis tidak ditangani adalah infeksi berat glans penis. Hal ini akan menyebabkan glans penis berwarna kemerahan, lecet, atau bernanah.
    Apabila ini terjadi, maka penderita biasanya akan mengalami demam yang hilang timbul, nyeri saat buang air kecil, berat badan sulit naik, dan nafsu makan berkurang. Apabila tidak ditangani dalam jangka waktu lama, fimosis dapat menjadi salah satu pemicu kanker penis (karsinoma sel skuamosa).
  2. Melakukan Sirkumsisi
    Sirkumsisi adalah salah satu tindakan medis yang bermanfaat bagi kesehatan serta harus dilakukan oleh tenaga berpengalaman. Sunat yang dilakukan pada laki-laki tidak berdampak pada aktivitas seksual ketika sudah dewasa. Justru,

sunat memiliki beragam manfaat secara kesehatan, antara lain sebagai berikut:

  • Manfaat Kesehatan
    Mengurangi risiko infeksi penyakit menular seksual, seperti Human Papilloma Virus (HPV), herpes, dan sifilis.
    Mencegah terjadinya fimosis pada laki-laki. Hal ini dapat membuat rasa nyeri pada kepala atau kulup penis.
    Mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Ini dapat merujuk pada masalah ginjal. Infeksi ini biasanya terjadi pada orang yang tidak menjalani sunat.
    Mengurangi risiko kanker penis. Penumpukan smegma (kotoran) pada area kulup penis yang belum disingkirkan lama-kelamaan dapat menyebabkan risiko kanker yang membahayakan kesehatan.
    Mengurangi risiko masalah kesehatan pada alat reproduksi pasangan, seperti kanker serviks.
    Kesehatan alat reproduksi akan lebih terjaga karena mudah dibersihkan.
  • Menjalankan perintah agama dan tradisi
    Nah, demikian beberapa manfaat positif menjalankan sunat bagi kesehatan laki-laki.

Sunat pada Bayi Fimosis

Kondisi fimosis pada bayi perlu penanganan yang tepat. Sunat pada bayi dilakukan untuk memisahkan kulup dari kepala penis sehingga penis mudah dibersihkan. Prosedurnya relatif sederhana, manfaat yang diberikan lebih besar daripada resiko yang mungkin terjadi.

Keputusan orangtua untuk membuat anak disunat, baik pada saat bayi maupun anak-anak didasarkan oleh pertimbangan tertentu, termasuk kesiapan psikologis. Namun, sunat bayi juga direkomendasikan dan aman, terutama jika dilakukan oleh ahlinya. Salah satunya, tim sunat yang berasal dari klinik Sunat 123.

Klinik ini melayani sunat pada bayi, baik karena alasan fimosis atau sebagai bentuk kewajiban. Metode sunat yang dijalankan pun beragam dan sudah modern sehingga cocok bagi masyarakat masa kini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan layanan Sunat 123 yang terletak di wilayah Cempaka Putih, Jakarta Pusat ini.

Terakhir diubah pada Sabtu, 06 Oktober 2018 05:49
dr. Naenda Stasya

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123