Ucapan Doa untuk Anak Khitanan yang Dianjurkan Ulama

Serba - serbi Saturday, 20 March 2021 02:39
Rate this item
(0 votes)
Sunat 123 - Ucapan Doa untuk Anak Khitanan yang Dianjurkan Ulama Sunat 123 - Ucapan Doa untuk Anak Khitanan yang Dianjurkan Ulama

Khitan atau sunat adalah kewajiban bagi setiap pria muslim. Praktik ini telah dilakukan sejak turun temurun selama ribuan tahun, bahkan jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Menurut hadits dan Al Quran, tradisi ini sudah berlangsung sejak zaman Nabi Ibrahim AS. Hal ini tercermin dalam surat An-Nahl ayat 123 yang berbunyi:

ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Kemudian kami wahyukan kepadamu (Muhammad): Ikutilah agama Ibrahim, yaitu seseorang yang hanif dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.”

Karena merupakan sebuah kewajiban, sudah selaiknya Ayah Bunda mengkhitankan putranya sebelum masa pubertas. Selain menjadi bagian dari syariat khitan secara medis juga memberikan banyak manfaat, mulai dari mencegah penyakit menular seksual hingga penumpukan bakteri di kepala penis.

Doa Sunat

Islam mendorong para pemeluknya untuk banyak berdoa. Karena itu, tidak heran jika ada doa khusus untuk hampir semua kegiatan yang bisa dilakukan setiap hari. Hal yang sama berlaku untuk acara sunat. Ada doa khitanan yang dianjurkan untuk dibaca, yaitu:

اَللهم وَفِّقْنَا ِلاجْتِلاَبِ الْفَضَائِلِ وَجَنِّبْنَا مِنْ اِقْتِرَاحِ الرَّذَائِلِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْذَارَنَا وَسَلِّمْ اُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ مَخْتُوْنَنَا وَاقْضِ دُيُوْنَنَا وَبَلِّغْ اَمَالَنَا وَوَسِّعْ اَرْزَاقَنَا وَجُوْدِكَ يَاجَوَّادُ. اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ السَّلاَمَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَجْمَعِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ اِنَّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ يَا نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah kami pertolongan untuk memperoleh keutamaan-Mu, serta jauhkan kami dari perbuatan hina. Ya Allah, terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah sakit kami karena khitan ini, bayarkanlah utang-utang kami, wujudkanlah cita-cita kami, serta lapangkanlah rezeki kami, wahai Zat Yang Maha Memberi. Ya Allah, semoga Engkau memberikan keselamatan kepada kami, orang-orang yang menunaikan ibadah haji, orang-orang yang berperang di jalan-Mu, serta kepada para musafir, yaitu umat Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam, baik yang ada di darat maupun di laut. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas apa yang Engkau kehendaki, wahai sebaik-baik majikan dan sebaik-baik penolong. Mahasuci Allah, Tuhan yang memiliki kesucian dan segala sifat rendah yang mereka (orang kafir) sematkan. Dan kesejahteraan bagi para utusan Allah. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Doa ini biasanya dibaca saat Ayah Bunda melakukan acara syukuran di rumah. Namun, ingatlah bahwa acara syukuran atau walimah khitan itu tidak wajib.

Pada dasarnya, hal ini boleh dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah dan cinta kepada anak. Akan tetapi, tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa walimah khitan harus dilakukan setelah anak disunat.

Memastikan Proses Sunat yang Aman bagi Anak

Sebelum merencanakan walimah khitan atau membaca doa khitanan, Ayah Bunda wajib memastikan keamanan dan kenyamanan proses sunat bagi anak. Pasalnya, kebutuhan masing-masing anak mungkin saja berbeda, terutama bagi anak bertubuh gemuk atau anak berkebutuhan khusus.

Untuk urusan yang satu ini, percayakan saja prosesnya pada klinik Sunat123. Selain menggunakan tenaga medis profesional dan fasilitas yang memadai, klinik ini juga menyediakan jasa untuk sunat yang memerlukan penanganan khusus.

Penutup

Demikianlah tulisan tentang doa khitanan yang dianjurkan dibaca oleh para ulama. Semoga anak-anak kita semua tumbuh menjadi generasi emas yang membawa kebanggaan bagi bangsa dan agama. Amin.

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi