Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Inilah Mengapa Sunat Konvensional Tetap Layak Jadi Pilihan

Artikel Kesehatan Rabu, 21 November 2018 20:13
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - sunat konvensional sunat123.com - sunat konvensional

Bagi masyarakat Indonesia, sunat atau khitan bukan lagi sekadar tuntutan agama dan tradisi, melainkan juga telah dipandang perlu dari segi kesehatan. Sunat yang dalam bahasa medis disebut sirkumsisi ini diyakini bisa mencegah terjadinya infeksi dan penyakit kanker pada penis (zakar).

Pun demikian halnya menurut ajaran Islam. Bahwa tindakan memotong sebagian kulit penutup batang penis termasuk salah satu ajaran untuk menjaga kesucian dan kebersihan. Hal ini mengacu pada sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, "kesucian (juga kebersihan) ada dalam lima hal: berkhitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kuku, mencukur bulu ketiak, dan merapikan kumis" (HR. Bukhori).

Tak hanya itu, khitan juga sering kali dianggap sebagai penambah kesempurnaan dan keabsahan dalam beribadah. Dengan berkhitan, seseorang tidak akan lagi khawatir akan gampang terkena najis karena sisa air kencing yang mengendap di kulit ujung penis. Karena ini pulalah, khitan sangat penting bagi anak menjelang masa balig; masa ketika anak telah dikenai kewajiban beribadah secara pribadi.

Dari segi pelaksanaan, ada beberapa teknik atau metode yang bisa digunakan. Mulai dari sunat konvensional, laser, smartklamp, lem, hingga stapler. Nah, bagi Anda yang memiliki putra dan tengah bingung memilih teknik atau metode sunat paling tepat, ada baiknya jika Anda terlebih dulu mengenal teknik sunat konvensional ini.

Metode Bedah Konvensional

Dalam ilmu medis, teknik bedah konvensional juga dikenal dengan sebutan Dorsal slit. Sebuah teknik bedah minor dengan bius lokal, yang umumnya menggunakan peralatan bedah seperti gunting, pinset, benang jahit, dan lainnya. Pada proses ini, tenaga medis profesional akan terlebih dulu mensterilkan area penis, untuk kemudian dilanjutkan dengan memotong sebagian kulit penutup depan (kulup) menggunakan gunting. Selanjutnya, dokter akan menjahit area tersebut dengan menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh. Keseluruhan proses ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar 30 - 50 menit.

Kelebihan dan Kelemahan

Bisa dibilang, sunat konvensional adalah metode yang paling umum dan paling sering digunakan. Baik oleh dokter atau tenaga medis di rumah sakit, di klinik jasa layanan sunat seperti layanan sunat 123, maupun oleh mantri. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, di antaranya;

  • Bisa diterapkan pada semua jenis pasien. Mulai dari anak berusia balita, anak-anak, hingga remaja usia menjelang pubertas. Tak hanya itu, sunat ini juga sangat direkomendasikan bagi anak yang mengidap autisme, hiperaktif, dan bahkan mereka yang berpenis kecil.
  • Biaya yang dibutuhkan relatif sangat terjangkau, yakni hanya sekitar 600 ribu hingga 1 juta. Biaya tersebut juga telah mencakup biaya perawatan pasca sunat (kontrol).
  • Minim risiko berbahaya. Menurut beberapa pakar Urologi, pendarahan yang umum terjadi pada sunat konvensional adalah normal. Situasi ini pun bisa diatasi dengan ketersediaan peralatan medis yang sesuai standar. Berbeda dengan teknik lain, seperti laser yang terdapat risiko jika tidak dilakukan secara benar.

Meski demikian, teknik sunat ini juga memiliki kelemahan yang perlu diketahui, yaitu kerapihan tepi luka berbeda-beda antar operator dan luka yang tampak lebih basah dibandingkan hasil sunat modern yang akan lebih tampak kering. Guna menjaga proses penyembuhan pun, penis sebaiknya diperban. Luka dan perban juga tidak boleh terkena air, agar tidak terjadi infeksi lanjutan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Nah, itulah beberapa hal pokok terkait sunat konvensional yang perlu diketahui. Ada baiknya jika Anda terlebih dulu memastikan kualitas pelayanan dan perawatan yang ditawarkan oleh jasa pelayanan sunat. Salah satu yang direkomendasikan adalah sunat123.com; sebuah klinik layanan sunat yang didukung oleh tenaga medis profesional. Tak hanya itu, klinik ini juga didukung oleh ketersediaan peralatan dan fasilitas terbaik, sehingga dijamin aman dan nyaman.

Triwahyudi ZE, dr, MARS

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123