Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Sunat Perempuan, antara Pro dan Kontra

Artikel Kesehatan Rabu, 03 Oktober 2018 22:30
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat perempuan sunat perempuan

Dari berbagai prosedur medis, sunat perempuan termasuk yang banyak mengundang pro dan kontra. Walau banyak dilakukan atas dasar tradisi, sunat ini bukan anjuran atau rekomendasi rutin di kalangan institusi medis. Banyak juga orang serta lembaga yang menganggapnya merugikan bagi perempuan, walau ada juga yang menganggapnya bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut yang harus Anda ketahui tentang sunat pada anak perempuan.

Mengapa Sunat Perempuan Kontroversial?

Sunat perempuan biasanya dilakukan karena tradisi, misalnya di negara-negara Afrika dan beberapa daerah di Asia, termasuk Indonesia. Kontroversinya biasanya berasal dari metode yang tidak higienis serta perlengkapan seadanya, sehingga bisa mengakibatkan perdarahan dan infeksi pada anak perempuan.

Prosedur sunat pada anak perempuan juga dipandang sebagai “tidak perlu”, tidak seperti sunat anak lelaki yang memberi beberapa manfaat medis. Kementerian Kesehatan Indonesia bahkan mengikuti langkah institusi kesehatan dunia dengan mengeluarkan pernyataan bahwa sunat perempuan bukan tindakan medis rutin, serta tidak memiliki manfaat.

Akan tetapi, apakah benar bahwa prosedur ini benar-benar tidak bermanfaat?

Manfaat Sunat Perempuan

Sunat perempuan yang kontroversial biasanya meliputi pemotongan organ-organ kelamin yang sebenarnya tidak perlu dipotong (bahkan berbahaya jika dipotong). Organ penting ini misalnya adalah klitoris, labia mayor, dan labia minor. Beberapa praktik sunat memotong habis klitoris, atau bahkan hampir semua organ sehingga hanya menyisakan saluran kemih.

Akan tetapi, ada juga prosedur sunat yang memberi manfaat. Hal ini biasanya dilakukan pada anak perempuan yang memiliki lapisan penutup klitoris (preputium) berlebih pada alat kelaminnya. Dalam beberapa kasus, lapisan ini bisa tumbuh menutupi seluruh klitoris atau bahkan saluran kemih. Hal ini bisa mendatangkan beberapa risiko, termasuk penumpukan kotoran dan infeksi akibat bakteri.

Jadi, jika anak perempuan Anda mengalami kondisi seperti ini, sunat perempuan bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Akan tetapi, prosedur ini tentunya harus dilakukan secara benar.

Tips Sebelum Mempertimbangkan Prosedur Sunat

Jika Anda tidak tahu apakah harus memberikan prosedur sunat pada anak perempuan atau tidak, berikut beberapa tips:

  • Pastikan kondisi anak
    Saat anak perempuan Anda lahir, pastikan seluruh organ tubuhnya berfungsi dengan baik, termasuk alat kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap setiap bayi yang baru lahir, namun Anda juga harus ikut aktif mengecek kondisi anak.
  • Perhatikan perkembangan anak secara rutin
    Beberapa kelainan alat kelamin mungkin baru terlihat ketika anak berusia beberapa bulan atau bahkan tahun. Pastikan Anda mengetahui tanda-tanda berbeda pada kondisi anak. Jika menemukan sesuatu yang janggal, segera periksakan ke dokter.
  • Konsultasi sebelum mendaftar untuk prosedur
    Jika Anda merasa anak harus disunat, konsultasi dulu dengan dokter. Jika tidak ada kelainan, prosedur tidak perlu dilakukan. Akan tetapi, jika ada lapisan kulit yang tumbuh berlebih (atau kelainan serupa yang membutuhkan prosedur sunat), Anda bisa mendaftarkan anak untuk sunat.
  • Pilih klinik sunat profesional
    Jika Anda yakin anak memang membutuhkan prosedur sunat, pilih klinik sunat yang tidak akan memberi risiko tambahan. Pastikan prosedurnya hanya dilakukan oleh dokter dan menggunakan metode serta alat yang steril.

Sunat 123 adalah contoh penyedia jasa sunat yang profesional. Prosedur dilakukan di klinik yang bersih, lengkap dengan tenaga dokter profesional. Alat yang digunakan tidak hanya steril dan lengkap, tetapi juga dilengkapi teknologi terbaru yang berkembang di bidang sirkumsisi.

Kesimpulannya, sunat perempuan bukan prosedur rutin yang perlu dilakukan untuk semua anak. Akan tetapi, ada beberapa kondisi di mana prosedur ini dibutuhkan. Pastikan Anda hanya memilih layanan dan tenaga profesional untuk melakukannya.

Terakhir diubah pada Rabu, 03 Oktober 2018 22:39
dr. Shinta Chairiah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123