Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Perbedaan Sunat Perempuan Sesuai Hukum Islam dengan Sunat Perempuan di Afrika

Artikel Kesehatan Jumat, 08 Februari 2019 10:49
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Perbedaan Sunat Perempuan Sesuai Hukum Islam dengan Sunat Perempuan di Afrika sunat123.com - Perbedaan Sunat Perempuan Sesuai Hukum Islam dengan Sunat Perempuan di Afrika

Tidak banyak yang tahu bahwa sunat juga dianjurkan untuk perempuan dengan tujuan yang tidak jauh berbeda dengan sunat laki-laki yaitu untuk menjaga kesehatan kelamin perempuan. Berdasarkan data dari WHO, sunat perempuan bisa dilakukan dengan empat cara yang ternyata menuai kontroversi dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Namun, Negara Afrika menjadi salah satu negara yang masih mempertahankan tradisi sunat perempuan hingga kini.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, tentu Indonesia mengacu pada ajaran Islam terhadap segala hal termasuk khitan. Bagi laki-laki, hukum khitan adalah wajib, seperti pendapat Imam Maliki dalam Asy Syahru Ash Shagir, Imam Syafii dalam Al Majmu, dan Imam Hanafi dalam Hasiyah Ibnu Abidin. Lalu, bagaimana dengan pandangan Islam terkait khitan untuk perempuan?

Hukum Sunat Perempuan dalam Pandangan Islam

Jika sunat untuk laki-laki adalah hal yang wajib dilakukan, sunat perempuan hanya bersifat boleh alias tidak ada akibat hukum jika perempuan tidak melakukannya. Hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Baihaqi menyebutkan bahwa sunat menjadi keharusan untuk laki-laki dan sebuah kemuliaan untuk wanita.

Perihal sunat untuk perempuan juga disampaikan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al Khatib pada Tarikh 5/327, “Apabila engkau mengkhitan wanita, sisakanlah sedikit. Jangan potong (bagian kulit klitoris) semuanya, karena itu bisa membuat wajah ceria dan lebih disenangi suami.”

Begitu pula dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang mengatakan bahwa “Janganlah berlebihan dalam mengkhitan karena akan lebih nikmat (dalam berhubungan seksual) dan lebih disukai suami.” Setidaknya, begitulah gambaran sunat perempuan yang dilakukan di Indonesia. Jika pun dilakukan, waktu terbaik untuk sunat pada perempuan adalah ketika masih bayi. Meski begitu, tidak ada paksaan bagi perempuan untuk melakukan sunat ketika sudah dewasa.

Bahkan, metode sunat perempuan yang dilakukan di Tanah Air tidak dengan memotong, tetapi menggores bagian klitoris. Mengusap klitoris dengan menggunakan kunyit juga masih dianggap sebagai alternatif sunat perempuan yang masih dilestarikan oleh masyarakat tertentu.

Lalu, bagaimana dengan sunat wanita di Afrika?

Faktanya, sunat perempuan di Afrika justru menyumbang angka kematian tertinggi pada wanita. Female genital cutting istilah global untuk sunat perempuan yang dilakukan di beberapa negara di Afrika, termasuk Sudan masih menggunakan peralatan yang tidak terjaga kebersihannya.

Tentu saja, hal ini akan membuat wanita di Afrika rentan mengalami infeksi alat kelamin. Cara sunat yang dilakukan pun membuat perempuan mudah kehabisan darah. Bahkan, sunat perempuan yang dilakukan di benua ini menjadi salah satu cara penyebaran penyakit virus HIV/AIDS tertinggi. Silet atau pisau yang tidak bersih dan meninggalkan bekas darah akan menjadi media penularan utama penyakit mematikan ini.

Sunat perempuan di Benua Afrika menggunakan cara merusak bagian klitoris, bahkan memotong klitoris sepenuhnya. Hal ini menyebabkan perempuan tidak lagi memiliki gairah seksual dan memicu terjadinya kemandulan dalam jangka panjang. Hingga kini, WHO masih terus berupaya menghentikan praktik sunat perempuan di beberapa negara di Afrika karena dinilai sangat membahayakan nyawa.

Sunat Wanita di Sunat123

Berdasarkan ajaran Islam, sunat perempuan boleh dilakukan tetapi tidak diharuskan. Namun, jika Ayah dan Bunda ingin mengkhitan sang buah hati, Sunat123 menjadi tempat khitan terbaik yang bisa dipilih karena ditangani oleh dokter profesional dan metode sunat modern, Sunat 123 melayani khitan untuk anak laki-laki, perempuan, hingga pria dewasa dan anak berkebutuhan khusus. Informasi lengkap tentang sunat untuk perempuan bisa Ayah dan Bunda dapatkan melalui Sunat123.com. Semoga bermanfaat.

 

 

dr. Naenda Stasya

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung (Segera Dibuka)
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri, Kec. Cikarang Barat
Kab. Bekasi. Jawa Barat