Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Mengenal Masalah Penis pada Bayi dengan Fimosis

Artikel Kesehatan Selasa, 05 Februari 2019 11:24
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - Mengenal Masalah Penis pada Bayi dengan Fimosis sunat123.com - Mengenal Masalah Penis pada Bayi dengan Fimosis

Fimosis adalah melekatnya kulup pada bagian kepala penis dan tidak dapat ditarik dari ujung penis. Faktanya, gangguan kesehatan ini umum terjadi pada bayi dan menyerang mayoritas laki-laki yang tidak melakukan sunat. Meski biasanya fimosis akan sembuh dengan sendirinya, bukan tidak mungkin gangguan kesehatan ini tidak membaik hingga anak beranjak remaja.

Terjadinya fimosis pada bayi mayoritas tidak membutuhkan perawatan tertentu karena merupakan bawaan lahir. Namun, Ayah dan Bunda tidak boleh menarik pelekatan yang menyatukan bagian kulup dan kepala penis. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat kulup Si Kecil terluka. Biarkan kondisi tersebut hingga usia sang buah hati menginjak 5 hingga 7 tahun. Akan tetapi, jika fimosis tidak membaik hingga Si Kecil beranjak remaja, ibu dan ayah perlu segera memeriksakannya ke dokter. Sebab, fimosis adalah penyakit pada bayi yang biasanya akan menyebabkan pembengkakan yang diikuti dengan rasa nyeri juga area penis menjadi berwarna kemerahan seperti sedang terjadi iritasi atau peradangan.

Jika tidak segera diatasi, fimosis pada bayi bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi yang lebih buruk, yaitu balanitis atau peradangan pada bagian kepala penis. Selain itu, Si Kecil akan merasakan rasa perih ketika ia buang air kecil. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda perlu mengenali gejala fimosis pada bayi.

Lalu, apa saja gejala fimosis pada bayi dan bagaimana mengatasinya?

Tidak hanya sulit buang air kecil, tanda fimosis yang sering terjadi adalah naiknya suhu tubuh sang buah hati akibat terjadinya infeksi pada bagian penisnya. Air seni yang mengucur keluar pun tidak lancar, bisa menetes atau justru memancar tak tentu arah. Bukan tidak mungkin akan terjadi luka pada bagian penis yang disertai dengan keluarnya nanah karena kondisi penis tidak bersih sepenuhnya setelah anak buang air kecil.

Jika sang buah hati mengalami fimosis, ibu dan ayah tidak perlu panik. Lakukan perawatan dengan cara membersihkan penis Si Kecil secara rutin. Tindakan pembersihan bisa dilakukan dengan membasuh penis dengan menggunakan air hangat setiap hari, terutama ketika Ayah dan Bunda memandikannya.

Ayah dan Bunda perlu menghindari penggunaan bedak di sekitar penis setelah memandikan sang buah hati atau penggunaan produk mandi bayi yang mengandung pewangi dan bahan-bahan kimia lainnya. Penggunaan semua produk tersebut justru akan menimbulkan peradangan atau iritasi yang lebih buruk pada penis Si Kecil.

Meski fimosis adalah gangguan kesehatan pada penis yang tidak perlu Ayah dan Bunda khawatirkan, tetap saja diperlukan pemeriksaan dokter supaya tidak terjadi pembengkakan atau komplikasi. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada penis fimosis, termasuk gejalanya.

Pengobatan yang diberikan umumnya adalah salep yang mengandung kortikosteroid dengan dosis penggunaan 3x sehari selama 30 hari pada bagian kulup kepala penis. Pengobatan ini bertujuan untuk membantu kulit kulup penis mengendur. Selain itu, ibu dan ayah akan disarankan untuk menyunat Si Kecil. Sunat dinilai menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi fimosis karena akan mengurangi rasa sakit pada saat berkemih, terlebih jika fimosis yang dialami anak mengarah pada terjadinya infeksi.

Kini, sunat tidak lagi menghabiskan banyak waktu dan menimbulkan rasa sakit setelahnya, karena telah hadir berbagai metode sunat modern, seperti yang ditawarkan oleh sunat123. Didukung dengan teknologi canggih dan dilakukan oleh dokter profesional, Sunat 123 menawarkan metode sunat klamp, cauter, stapler, dan cincin. Ruangannya pun nyaman, dengan desain yang ramah anak. Solusi berkhitan aman dan nyaman, hanya di Sunat123 tempatnya. Akses Sunat123.com untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

dr. Naenda Stasya

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123