Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Fimosis Pada Bayi Harus Segera Disunat? Ini Penjelasannya

Artikel Kesehatan Selasa, 16 Oktober 2018 07:49
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123 - Fimosis Pada Bayi Harus Segera Disunat? Ini Penjelasannya sunat123 - Fimosis Pada Bayi Harus Segera Disunat? Ini Penjelasannya

Fimosis pada bayi menjadi jenis kelainan yang bisa jadi akan sangat merepotkan. Apalagi, karena kelainan ini, si kecil bakal rewel karena merasa kesakitan saat buang air kecil. Kesakitan tersebut muncul karena adanya bagian kulup yang menutupi lubang penis si kecil, mengakibatkan urine tak bisa keluar dengan normal.

Anggapan yang sering muncul di masyarakat awam, fimosis pada bayi harus segera ditangani. Caranya, tak lain adalah dengan melakukan penyunatan. Namun, apakah semua kasus fimosis yang terjadi pada bayi memang harus segera disunat? Ternyata, jawabannya tidak harus seperti itu.

Sejatinya, fimosis pada bayi bukanlah fenomena yang begitu mengkhawatirkan, karena bisa kembali normal seiring dengan waktu. Cara penanganannya tak harus dengan sunat. Selain sunat, dokter juga bisa memberikan penanganan berupa pemberian salep dengan kandungan kortikosteroid, krim antijamur, ataupun antibiotik. Lain halnya kalau fimosis berlangsung hingga anak mencapai usia sekolah, solusinya mau tak mau adalah sunat.

Kondisi Fimosis Pada Bayi yang Mengharuskan Penyunatan

Seperti yang telah disebutkan, fimosis pada bayi memang tak mengharuskan si kecil untuk disunat. Meski begitu, sunat merupakan salah satu solusi agar anak tak lagi kesakitan ketika buang air kecil. Selain itu, pada kasus khusus, fimosis pada si kecil juga mengharuskannya untuk segera disunat.

Kondisi khusus tersebut adalah ketika fimosis pada bayi menimbulkan komplikasi berupa infeksi. Infeksi bisa jadi salah satu gejala ketika fimosis pada bayi yang dibiarkan secara terus-menerus. Infeksi ini ditandai dengan adanya permukaan kulit kepala penis yang meradang berwarna kemerahan. Selain itu, infeksi juga bisa menimbulkan luka bernanah dan lecet.

Infeksi ini terjadi karena adanya penumpukan sisa urine serta kotoran yang tak bisa keluar karena adanya kulup yang menutupi lubang penis. Tumpukan kotoran dan sisa urine itu kemudian menjadi sarang berkembangnya berbagai jenis bakteri. Tak menutup kemungkinan, infeksi juga bisa berlanjut menjadi infeksi saluran kemih .

Orang tua bisa mengenali gejala terjadinya infeksi akibat fimosis pada si kecil relatif lebih mudah dibandingkan ketika anak sudah berusia dewasa. Infeksi ini dapat dikenali dengan munculnya rasa nyeri saat buang air kecil, demam yang berulang-ulang tanpa penyakit lainnya, penurunan berat badan, serta hilangnya nafsu makan anak.

Kalau infeksi tersebut tak segera ditangani dan dibiarkan terus-menerus, bisa terjadi dampak jangka panjang yang tak diinginkan, seperti:

  1. Kanker penis
    Fimosis yang tak segera ditangani dan berlanjut sampai bayi berusia dewasa, bisa berakibat pada kanker penis.
  2. Gangguan aktivitas seksual
    Fimosis juga berdampak pada aktivitas seksual pada pria dewasa. Apalagi, peradangan yang terjadi karena fimosis, memunculkan rasa sakit ketika terjadi pergesekan.
  3. Infeksi dan gagal ginjal
    Infeksi pada saluran kemih pada fimosis bisa menjalar dengan cepat ke ginjal. Tak hanya menimbulkan infeksi ginjal, tetapi juga bisa berdampak pada kegagalan ginjal.

Untuk menghindari dampak yang tak diinginkan tersebut, melakukan penyunatan ketika bayi merupakan opsi terbaik bagi anak. Apalagi, saat ini teknologi yang digunakan dalam proses penyunatan juga jauh lebih mudah dibandingkan zaman dulu. Anda bisa menggunakan metode penyunatan yang tak menimbulkan rasa sakit serta luka yang dapat kering dalam waktu cepat.

Untuk pilihan tempat sunat yang terbaik dan berpengalaman, Sunat123.com menjadi solusinya. Sunat123.com menyediakan proses penyunatan dengan beragam metode, baik metode konvensional, cauter (laser), cincin, stapler, ataupun lem. Anda pun bisa melakukan penyunatan dengan tanpa datang ke klinik, cukup dengan melakukan pemanggilan di rumah.

Tak hanya itu, Sunat123.com juga menyediakan layanan suntik untuk anak berkebutuhan khusus, dewasa, ataupun sunat perempuan. Untuk kemudahan dalam pemeriksaan luka setelah sunat, ada pula layanan post sunat di rumah. Komplet, kan?

dr. Shinta Chairiah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123