Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Inilah Gejala Fimosis yang Perlu Diketahui Orang Tua

Artikel Kesehatan Jumat, 12 Oktober 2018 11:16
Nilai butir ini
(2 pemilihan)
sunat123.com -fimosis sunat123.com -fimosis

Nama penyakit fimosis mungkin kurang begitu familier di telinga masyarakat awam di Indonesia. Meski tak menyebabkan kematian, penyakit yang muncul pada alat reproduksi laki-laki ini menimbulkan dampak yang tak kalah berbahaya. Apalagi, kelainan ini bisa berpengaruh pada kemampuan seksual penderitanya.

Fimosis merupakan kelainan yang muncul ketika kulup pada alat kelamin anak laki-laki menutupi lubang kencing. Padahal, dalam kondisi normal, kulup yang merupakan kulit penutup kepala penis, biasanya bisa ditarik ke belakang. Karena adanya penutupan lubang kecing pada penis, penderita penyakit ini mengalami kesulitan saat buang air kecil.

Potensi munculnya kelainan alat reproduksi pria ini ternyata sangat tinggi. Menurut informasi yang dilansir dari Kompas, munculnya kasus fimosis pada anak laki-laki mencapai 40%. Penyebab utama dari munculnya kelainan ini adalah adanya kelainan yang muncul sejak lahir. Selain itu, kebersihan penis juga menjadi faktor yang menyebabkan penyakit ini.

Karena berdampak begitu besar pada masa depan anak, mengetahui gejala fimosis jadi pengetahuan yang harus dimiliki oleh orang tua. Dengan begitu, orang tua bisa melakukan penanganan lebih dini agar anak tak kesakitan dalam waktu yang lama. Ada beberapa gejala yang bisa digunakan untuk mengenali penyakit ini, yaitu:

  • Kesulitan buang air kecil
    Gejala pertama yang bisa dikenali dari fimosis pada anak adalah adanya gangguan ketika buang air kecil. Kesulitan ini muncul karena kulup yang menutupi lubang kecing anak. Alhasil, ketika buang air kecil, biasanya akan muncul gelembung pada bagian kulup yang menandakan adanya urine yang tertahan di bagian kulup.
    Ketika gelembung tersebut sudah berukuran besar, urine anak pun baru bisa keluar. Lubang kulup yang kecil mengakibatkan air kencing tidak bias memancar secara sempurna, melainkan terjadi secara menetes. Kondisi ini menyebabkan anak tidak nyaman, sakit saat berkemih, dan akhirnya malah tidak bisa buang air kecil.
  • Demam
    Kelainan alat kelamin pria yang satu ini juga bisa menimbulkan anak mengalami demam. Kondisi ini terjadi ketika infeksi pada penis atau di saluran kemih. Infeksi ini bisa terjadi karena menumpuknya sisa urine dan kotoran yang tak bisa keluar secara normal. Alhasil, tumpukan kotoran dan sisa urine itu menjadi tempat bertumbuhnya bakteri.

Ketika mendapati 2 gejala tersebut, orang tua harus waspada dan mengajak anak untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Apalagi, kalau fimosis tak segera diobati, bisa berakibat fatal. Tumpukan kotoran dan sisa urine pada penis bisa memicu peradangan. Tak hanya itu, ketika anak berusia dewasa, hal ini juga bakal berdampak pada aktivitas seksualnya.

Ada 2 metode yang bisa digunakan untuk mengobati fimosis. Cara pertama adalah dengan melebarkan kulup yang telah melekat pada kepala penis. Cara kedua, dengan melakukan sunat. Dari kedua cara ini, sunat menjadi metode yang efektif, karena menghilangkan bagian kulup penis secara permanen. Dengan begitu, anak tidak akan mengalami kesulitan ketika buang air kecil.

Untuk solusi tempat sunat yang terbaik, Anda bisa menggunakan layanan dari sunat123.com. Di sini, Anda bisa menggunakan berbagai metode sunat, mulai dari sunat konvensional, ataupun jenis sunat tanpa rasa sakit, yakni sunat couter atau laser dan sunat clamp. Tak hanya anak-anak, Sunat123.com juga melayani sunat untuk pria dewasa.

Tak ingin masa depan anak terganggu karena problem kesehatan ini, kan?

dr. Iman Hilmansyah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123