Artikel Kesehatan

Artikel Kesehatan (225)

Artikel Kesehatan, Artikel Sunat, Metode Sunat,  Sunat Konvensional, Sunat Laser, Sunat Cauter, Sunat Klamp, Sunat Stapler, Sunat Lem

Jika dibandingkan dengan era 90-an, ragam metode sunat di zaman kini sudah banyak sekali. Apabila metode sunat konvensional dirasa menakutkan dan traumatis, sekarang telah tersedia metode-metode sunat yang menawarkan pengalaman sirkumsisi yang minim pendarahan dan trauma seperti klamp, cauter, bipolar, stapler, dan fine sealer.

Jika bicara tentang sunat, kira-kira apa bayangan yang ada di dalam kepala si kecil? Sesuatu yang menyeramkan? Penuh darah dan rasa sakit? Mungkin jika berkaca pada pengalaman Ayah waktu kecil, sunat bisa jadi akan menjadi momok bagi anak. Tapi, seiring perkembangan zaman dan teknologi, tidak semenyeramkan dulu lagi. Bahkan sunat sambil bermain game Mobile Legend pun ada lo, Ayah Bunda!

Memilih metode sunat dewasa yang terbaik memang kerap membuat Ayah Bunda bingung. Pasalnya, terdapat banyak pilihan metode khitan yang ditawarkan, baik itu oleh poliklinik umum, rumah sakit, atau rumah sunat.

Salah satu yang mempersulit masa penyembuhan pasca khitan pada pria dewasa adalah ereksi, baik itu ereksi secara sengaja maupun spontan. Ereksi merupakan keadaan penis menjadi tegang, keras, dan membesar akibat rangsangan tertentu. Pada pria yang baru dikhitan, ereksi pasca sunat bisa menimbulkan rasa nyeri bahkan perdarahan.

Umumnya, masyarakat Indonesia akan mengkhitankan anak saat masih bayi dan paling lambat duduk di bangku SMP. Semakin muda usia pasien yang dikhitan, semakin cepat pula proses pemulihannya lantaran lapisan kulupnya yang masih elastis. Oleh sebab itu, persiapan sunat dewasa dengan anak-anak sedikit berbeda.

Merawat luka pasca sunat dewasa sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Setelah disunat, pria dewasa biasanya memerlukan waktu seminggu hingga 10 hari sampai lukanya kering.

Nah, supaya proses penyembuhan lebih optimal, ada baiknya Ayah Bunda mengetahui tips perawatan luka pasca khitan dewasa berikut ini:

Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan setelah selesai operasi sunat adalah berapa lama masa penyembuhan pasca sunat, khususnya pada orang orang dewasa? Sebagaimana yang ayah bunda ketahui bahwasannya sunat merupakan suatu prosedur bedah yang dilakukan untuk menghilangkan atau mengangkat kulup penis.

Sunat bayi menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dibandingkan sunat ketika usia sekolah atau dewasa, sunat ketika bayi memiliki berbagai keuntungan. Salah satunya adalah risiko komplikasi yang minim dan luka sunat lebih cepat sembuh. 

Hanya saja, pelaksanaan sunat ketika anak masih bayi tetap memunculkan pertanyaan besar bagi para orang tua. Salah satu pertanyaan tersebut adalah terkait perawatan setelah sunat. Banyak orang tua yang bingung antara memilih untuk mengenakan celana sunat bayi atau popok.

Sunat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Setiap laki-laki, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa harus disunat. Sunat anak tidak mengecualikan kondisi setiap individu. Artinya, anak laki-laki normal maupun yang masuk kategori Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki kewajiban sunat. 

Kontrol post sunat kerap disepelekan lantaran dianggap kurang begitu penting. Faktanya, kontrol setelah sunat dapat membantu proses pemulihan luka, terutama bagi anak bayi, anak kelebihan berat badan, dan pria dewasa. Selain itu, kontrol setelah sunat bisa meminimalisasi risiko yang mungkin timbul akibat perawatan kurang tepat, seperti luka kemerahan, luka terasa gatal, perdarahan ringan atau berat, tubuh demam, hingga luka bengkak. Berkat kontrol post khitan, Ayah Bunda dapat mengetahui cara mengatasi bengkak pasca sunat.

Sunat gemuk merupakan metode sunat yang dilakukan untuk anak kelebihan berat badan. Ada dua kondisi yang umum terjadi pada anak obesitas, yakni penis kecil dan penis normal tampak kecil karena tertutup lapisan lemak. Kondisi ini membuat prosedur khitan pada anak gemuk mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi daripada sunat biasa. 

Pada dasarnya, sunat merupakan pilihan setiap orang. Namun, pria dianjurkan untuk melakukan sunat lantaran baik untuk kesehatan. Kemaluan yang belum sunat berisiko memicu sejumlah penyakit dan mengganggu fungsi seksual. Sunat dewasa dapat dilakukan dengan cara mengunjungi klinik khitan tepercaya. Umumnya, klinik sunat akan menawarkan sejumlah metode yang aman dilakukan pada orang dewasa.

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi