Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Sunat Bayi

Selasa, 27 Maret 2018 09:37
Nilai butir ini
(2 pemilihan)

Setiap anak laki-laki yang lahir akan memiliki kulup. Kulup ini merupakan sepotong kulit yang menutupi kepala penis. Kulit kulup ini bila tidak dirawat dengan baik, bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan di kemudian hari. Bayi dan balita akan rentan terhadap fimosis*, infeksi kulup dan infeksi saluran kencing. Bila hal-hal ini terjadi, maka sunat bayi menjadi salah satu terapi/jalan keluarnya. Memilih waktu sunat bayi dan dokter sunat terbaik di wilayah Anda adalah kuncinya.

Sunat bayi dan alasan orangtua indonesia menunda waktunya

  1. Resiko pembedahan: seperti halnya prosedur operasi, sunat tentu memiliki resiko terkait anestesi, perdarahan dan infeksi. Berbagai metode yang berkembang saat ini mampu menurunkan resiko-resiko ini secara signifikan.
  2. Takut bayinya sakit: beberapa orangtua memilih untuk menunda sunat pada bayi mereka karena khawatir tentang rasa sakit yang akan dirasakan bayinya. Namun sunat yang lebih awal ini tentunya akan mencegah resiko fimosis dan menurunkan kejadian infeksi saluran kencing pada bayi dan balita.
  3. Adanya anggapan ketika disunat, kulup pelindung kepala yang dibuang ini akan menyebabkan ujung penis menjadi lebih iritasi. Namun sesungguhnya akan lebih menjaga kebersihan kepala penis dan saluran kencing bayi dan balita.

Sunat Bayi, Proses Sunat dan Metode Sunat Pada Bayi

Sunat merupakan prosedur medis dalam membuang kulit kulup. Prosedur ini bersifat elektif, dalam artian bisa dilakukan pada usia berapapun. Dalam banyak kasus, tidak ada kewajiban medis untuk disunat, namun berbagai studi ilmiah menunjukkan banyak manfaat dari prosedur ini. Di Indonesia, umumnya orang tua menginginkan putra mereka disunat karena alasan agama, sosial dan budaya. Selama berabad-abad, pemeluk agama Islam dan Yahudi telah mewajibkan putra-putra mereka disunat.

Bagi orang tua yang memutuskan untuk menyunat bayi mereka, mereka perlu memastikan terlebih dahulu anaknya dalam keadaan sehat dan stabil serta tidak ada kondisi kontraindikasi. Di Amerika Serikat, sekitar 55% bayi baru lahir disunat segera setelah lahir. Memilih waktu sunat terbaik untuk putra Anda adalah pada beberapa hari pertama kehidupan bayi, atau sedikit menunda pada rentang usia 1-4 bulan, dimana bayi belum tengkurap. Pada periode ini proses penyembuhan berlangsung lebih cepat, dan kemungkinan iritasi karena bayi tengkurap atau aktifitas yang tidak disadarinya akan lebih minimal.


Bagi orang tua yang berkeinginan menyunatkan anaknya pada usia bayi, maka bersegeralah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk melakukan prosedur ini. Prosedurnya bisa dilakukan oleh dokter anak, dokter umum, ahli urologi dan ahli bedah anak. Di beberapa daerah di Indonesia telah hadir klinik khusus sunat yang prosedurnya dilakukan oleh dokter umum yang berpengalaman, tentu tidak salah apabila anda dan keluarga berkunjung ke klinik kami, Klinik Sunat 123 dan jaringan kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, kami siap sedia memberikan layanan terbaik untuk Bayi Anda.


Klinik Sunat 123 memberikan kenyamanan dan ketenangan untuk Sunat Bayi bagi anda:

  1. Prosedur dilakukan oleh dokter umum dan spesialis bedah yang berpengalaman.
  2. Prosedur menggunakan bius lokal, yang memberikan nilai lebih pada bayi anda terhadap resiko bius umum dengan menghindarinya.
  3. Kami menawarkan berbagai teknik sunat, mulai dari teknik konvensional hingga teknik-teknik sunat modern (kauter, klamp dan stapler).
  4. Harga terjangkau dengan layanan paripurna hingga sembuh dengan cukup sekali pembayaran.

 

Tunggu artikel berikutnya:
Perawatan bayi yang baru disunat
Perawatan penis anak yang belum disunat
*fimosis : Kondisi dimana penciutan kulit kulup tidak mungkin dilakukan, sehingga kepala penis hanya tampak melalui lubang kulup yang kecil. Bahkan kadang menutupi lubang kencing.

Penulis: Triwahyudi ZE, dr, MARS  

Sumber bacaan:
Brennan, D. Your baby boy's circumcision: what to expect. Web MD: 2017.
Bilich, KA. All about circumcision. The whats, whys, and hows about newborn circumcision. Meredith Corporation: 2018

Baca 586 kali
Selengkapnya di dalam kategori ini: « Sunat Anak Offline Page »

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123