Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Khitan Dewasa untuk Kesehatan, Tak Perlu Malu

Artikel Kesehatan Selasa, 16 Oktober 2018 07:23
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123 - Khitan Dewasa untuk Kesehatan sunat123 - Khitan Dewasa untuk Kesehatan

Karena berbagai alasan, banyak pria yang menunda sunat hingga dewasa. Rasa malu pun tak pelak muncul, sebab dalam budaya masyarakat Indonesia, sunat lazim dilakukan pada usia kanak-kanak hingga remaja sebagai bagian dari ritual keagamaan. Sebenarnya, Anda tak perlu malu saat memutuskan untuk sunat ketika dewasa. Baik untuk alasan agama maupun kesehatan, sunat sangat dianjurkan demi melindungi organ intim dari risiko berbagai penyakit berbahaya.

Prosedur khitan dewasa dan anak-anak pun sebenarnya tidak jauh berbeda. Bagi pria dewasa, sunat bahkan menjadi solusi yang efektif untuk mencegah kanker prostat dan berbagai gangguan saluran kemih.

Mengingat manfaatnya yang begitu besar, tentu Anda tidak boleh menunda-nunda untuk melakukan sirkumsisi, meski usia bisa dibilang tak lagi muda. Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan pasien khitan dewasa?

Sejumlah manfaat khitan bagi kesehatan yang layak Anda pertimbangkan

Bagi penganut non-Islam, sunat mungkin bukanlah suatu keharusan. Namun, jika dilihat dari segi kesehatan, sunat memiliki beragam manfaat menakjubkan bagi organ reproduksi pria. Manfaat utama yang akan dirasakan pria setelah sunat adalah organ intim yang terasa lebih bersih.

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, kulup penis merupakan tempat bertumpuknya kotoran dan bakteri. Tak jarang kotoran yang menumpuk tersebut menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai infeksi saluran kemih, fimosis (kulup yang melekat dan tidak dapat ditarik), hingga infeksi menular seksual.

Dengan sunat, berbagai masalah kesehatan di atas dapat diminimalisasi. Saat kulup diangkat, pertumbuhan bakteri anaerob dapat diminimalisasi. Suplai oksigen pun jadi lebih lancar sehingga penis tidak mudah lembap dan dihinggapi bakteri dan jamur penyebab penyakit.

Prosedur khitan dewasa

Metode konvensional, kauter/laser, maupun klamp tetap dapat diterapkan pada praktik khitan dewasa. Namun, banyak dokter menyarankan untuk menggunakan metode kauter/laser yang memiliki risiko perdarahan lebih rendah. Lazimnya, prosedur khitan pada pasien dewasa memakan waktu sekitar 15-25 menit.

Sebelum khitan, dokter akan memberikan anestesi atau pembiusan dengan pilihan bius lokal, separuh badan, atau bius umum yang bisa membantu Anda tertidur selama dikhitan. Dari ketiga jenis ansetesi tersebut, bius lokal lebih sering dipilih karena harganya terjangkau dan minim risiko.

Pada salah satu metode, setelah anestesi, dokter akan menaruh penjepit cincin yang terbuat dari plastik pada penis. Perlahan, dokter akan mengangkat kulup lalu memotongnya. Terakhir, penis akan diolesi salep dan dibungkus menggunakan perban untuk menghindari infeksi.

Pada praktiknya, pengerjaan khitan bisa berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, terutama jika terjadi kendala pada alat vital pria. Karena perasaan sungkan dan malu, tak jarang pula pasien mengalami ereksi spontan. Jika sudah begitu, pasien tentu memerlukan waktu untuk kembali relaks dan siap untuk dikhitan.

Perawatan pasca khitan dewasa

Setelah dikhitan, penis Anda mungkin akan terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Untuk mempercepat proses pemulihan, dokter biasanya akan memberikan resep obat topikal maupun oral. Anda pun dianjurkan untuk menghindari pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar atau pergerakan berlebihan demi mengurangi risiko dehisense(merenggang) pada penis.

Perhatikan pula pakaian yang Anda kenakan selama masa pemulihan. Sebaiknya gunakan pakaian dalam yang sedikit longgar agar nyaman dan bekas luka sunat cepat mengering. Jangan lupa pula untuk rutin mengganti kain kasa serta membersihkan area intim. Untuk 3-4 minggu setelah khitan, Anda tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual.

Nah itulah berbagai hal yang perlu Anda ketahui seputar khitan dewasa. Kesampingkan rasa malu Anda saat berniat melakukan sunat demi kesehatan. Kalau masih ragu, hubungi dokter atau tenaga profesional di klinik khitan agar Anda semakin mantap.

Kunjungi sunat123.com untuk mendapatkan informasi seputar khitan untuk orang dewasa. Di sana Anda juga dapat berkonsultasi dengan tenaga profesional demi mendapatkan prosedur khitan yang sesuai kebutuhan.

 

Terakhir diubah pada Selasa, 16 Oktober 2018 07:49
Triwahyudi ZE, dr, MARS

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123