Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Inilah 5 Manfaat Sunat yang Wajib Kita Tahu

Artikel Kesehatan Jumat, 05 Oktober 2018 05:45
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - manfaat sunat sunat123.com - manfaat sunat

Dewasa ini, sunat tak hanya dianggap sebagai salah satu ritual keagamaan. Penelitian medis tentang manfaat sunat ternyata berimbas pada meningkatnya kesadaran pria akan pentingnya sunat bagi kesehatan organ reproduksi.

Meski sunat terkesan mengerikan bagi sebagian orang, terutama anak-anak, nyatanya sunat sangat diperlukan demi mengurangi risiko penyakit serius pada organ reproduksi pria. Lantas, apa saja manfaat sunat yang dapat dirasakan Kaum Adam? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Sunat mampu mengurangi risiko penyakit menular seksual

Sunat atau sirkumsisi ternyata terbukti mampu melindungi pria dari risiko penularan penyakit kelamin, baik yang disebabkan oleh virus, bakteri ataupun jamur. Pernyataan tersebut didukung penelitian ilmuwan di tiga negara Afrika. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa sunat dinilai efektif dalam mengurangi risiko penularan virus HIV dan HPV hingga 60 persen.

Pertumbuhan jamur, bakteri dan virus di kulup penis dapat diturunkan secara signifikan melalui sunat. Karena kulup penis sudah dihilangkan, tingkat kelembapan penis pun dapat berkurang berkat suplai oksigen yang lancar.

2. Mengatasi fimosis

Fimosis merupakan kelainan yang kerap dialami pria yang belum sunat. Kondisi ini ditandai dengan melekatnya kulup penis sehingga tidak dapat ditarik melewati kepala penis. Kelainan yang juga sering dialami anak-anak ini biasanya mengakibatkan kesulitan buang air kecil.

Sebenarnya, kulup penis dapat terpisah dari kepalanya secara alami. Namun, bagi sebagian pria, kulup penis justru masih melekat hingga mereka beranjak dewasa. Untuk mencegah gangguan saluran kemih akibat fimosis, sunat menjadi solusi paling efektif demi melindungi penis dari tumpukan kotoran di area kulup.

3. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Manfaat sunat yang mungkin paling dapat dirasakan pria adalah berkurangnya gangguan saluran kemih akibat bakteri yang berkembang di area penis. Biasanya, bakteri tumbuh subur dan menumpuk di kulup. Kalau kondisinya sudah parah, pria dapat kesulitan buang air kecil. Dengan sunat, pria tak hanya dapat melindungi dirinya dari infeksi saluran kemih (ISK) tapi juga dapat menghindari penularan virus penyebab ISK pada pasangannya.

4. Organ reproduksi pria pun jadi lebih mudah dibersihkan

Kotoran pada penis biasanya banyak mengumpul di bagian kulup. Jika kotoran menumpuk, berbagai gangguan saluran kemih pun dapat bermunculan. Risiko ini dapat dikurangi dengan membuang kulup penis. Pertumbuhan kotoran dan bakteri dapat dikurangi, pria pun dapat lebih mudah dalam merawat kebersihan organ reproduksinya.

5. Mengurangi risiko kanker penis

Selain kanker paru-paru, kanker penis juga menjadi penyebab kematian terbanyak bagi pria. Kanker pada organ reproduksi pria ini lebih sering mengancam mereka yang tidak melakukan sunat atau sirkumsisi. Risiko kanker pada penis ini turut diperparah riwayat infeksi genitalia seperti herpes maupun sifilis.

Persoalan utama dari masalah ini tidak lain bersumber dari kotoran dan bakteri yang mengumpul pada penis akibat kulup yang melekat. Kebersihan pada bagian kelenjar penis menjadi tidak terjamin akibat kulup yang menjadi sarang kotoran. Karenanya, sebelum terlambat, cegah risiko terjadinya kanker pada organ reproduksi dengan melakukan sirkumsisi.

 

Manfaat sunat tidak hanya terbatas pada pembahasan di atas. Selain memberikan dampak positif bagi kesehatan organ reproduksi pria, sunat juga tidak akan mengganggu aktivitas seksual Anda bersama pasangan. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak melakukan sunat.

Jika Anda mencari tempat yang aman dan tepercaya untuk melakukan sunat, kunjungi sunat123.com. Sunat123.com merupakan klinik sirkumsisi tepercaya yang ditangani oleh dokter-dokter profesional.
Peralatan sunat di sini juga sudah dilengkapi teknologi canggih yang menjamin proses sunat dilakukan secara santai dengan hasil akhir yang memuaskan. Jangan ragu untuk berkonsultasi seputar kesehatan reproduksi pria dengan para dokter berpengalaman di sunat123.com.

Terakhir diubah pada Sabtu, 06 Oktober 2018 05:49
dr. Iman Hilmansyah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123