Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Sebenarnya, Kapan Waktu yang Tepat untuk Khitan?

Artikel Kesehatan Kamis, 25 Oktober 2018 07:08
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - Kapan Waktu yang Tepat untuk Khitan sunat123.com - Kapan Waktu yang Tepat untuk Khitan

Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk khitan? Pasti Ayah Bunda pernah bertanya atau mendapatkan pertanyaan ini. Umumnya, orang tua di Indonesia akan mengkhitankan sang buah hati ketika usianya berada pada akhir SD atau awal SMP. Faktanya, khitan atau sunat memang bisa dilakukan kapan saja. Namun, ternyata, semakin bertambah usia, proses sunat akan menjadi lebih rumit. Penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang terbilang lebih lama. Lalu, kapan waktu terbaik untuk khitan?

Usia 6 Bulan atau Sebelumnya Menjadi Waktu Khitan Terbaik

Ternyata, ketika usia anak menginjak 6 bulan atau bahkan kurang dari itu adalah waktu khitan terbaik. Kami tim Dokter Sunat 123 merekomendasikan sunat saat bayi, berbagai jurnal sunat dan penyembuhan luka menyebutkan sunat saat bayi mempermudah penyembuhan luka sunatnya dan menghindarkan anak dari trauma proses sunat. Semakin belia usia sang buah hati akan lebih baik. Jika dilihat dari segi agama, Islam mewajibkan untuk semua laki-laki yang telah dewasa atau akil balig telah disunat. Maka sunat dalam agama Islam dapat dilakukan sejak bayi hingga menjelang anak akil balig.

Manfaatkan Sunat di Usia Bayi (sebelum 1 tahun)

Bukan tanpa alasan, ternyata melakukan sunat ketika usia anak masih terbilang bayi juga ada manfaatnya. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Luka akan Lebih Cepat Sembuh
    Tim Dokter Sunat 123 sepakat bahwa sebelum menginjak usia 1 tahun, tubuh bayi mengalami pertumbuhan yang terbilang pesat, tak terkecuali sel kulit. Inilah mengapa usia kurang dari satu tahun menjadi waktu paling tepat untuk khitan. Pesatnya pertumbuhan sel kulit akan membuat anak lebih cepat sembuh jika ia terluka, tak terkecuali dengan luka bekas khitan.
  2. Mengurangi Risiko Gesekan pada Luka
    Manfaat selanjutnya dari khitan ketika usia bayi adalah mengurangi risiko terjadinya gesekan pada luka. Anak cenderung belum mengerti bagaimana caranya tengkurap pada usia kurang dari lima bulan, berbeda dengan khitan pada usia diatasnya ketika sudah mulai tengkurap dan merangkak yang akan mulai banyak bergerak. Kondisi ini akan mempercepat penyembuhan luka, karena gesekan yang memicu terjadinya luka pada bekas sunat pun bisa dikurangi.
  3. Mengurangi Dampak Buruk Trauma
    Di usia balita dan Sekolah Dasar, anak sudah mulai mengenal rasa cemas, takut, dan trauma. Rasa inilah yang akan sering muncul ketika anak disunat saat balita dan SD atau ketika usianya menginjak remaja. Melalui cerita teman sebayanya, sunat menjadi salah satu hal yang menyakitkan dan menimbulkan trauma. Berbeda dengan khitan ketika usia anak kurang dari satu tahun, meski telah bisa merasa sakit, anak masih belum mengerti apa itu trauma.
  4. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Infeksi Saluran Kencing
    Fimosis menjadi salah satu penyakit reproduksi yang menyerang organ vital pria. Kondisi ini berupa sulitnya menarik kulup penis ke belakang karena terjadinya penyempitan. Fimosis menyebabkan kulit penis sangat mudah kotor dan berisiko tinggi mengalami infeksi, terutama infeksi saluran kemih, Selain itu, sunat juga membuat kesehatan organ vital laki-laki menjadi lebih terjaga. Hal ini disebabkan karena setelah khitan, penis akan lebih mudah dibersihkan.


Nah, demikian tadi ulasan singkat mengenai waktu terbaik untuk melakukan khitan dan apa manfaat yang akan diperoleh jika khitan dilakukan saat usia anak masih kurang dari satu tahun. Menilik dari berbagai manfaat khitan yang dipaparkan, tidak ada salahnya untuk melakukan sunat pada anak sesegera mungkin. Semoga bermanfaat.

Triwahyudi ZE, dr, MARS

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123