Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Teknik Khusus "Sunat Gemuk" Solusi atasi "Burried Penis" pada Anak

Artikel Kesehatan Jumat, 30 Oktober 2020 10:59
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Teknik Khusus "Sunat Gemuk" Solusi atasi "Burried Penis" pada Anak sunat123.com - Teknik Khusus "Sunat Gemuk" Solusi atasi "Burried Penis" pada Anak

Sebagai seorang Muslim, anak laki-laki diwajibkan untuk menjalani sunat agar ibadahnya lebih sempurna. Selain itu, kebersihan kemaluan juga bisa terjaga dengan baik. Sayangnya, tidak semua anak bisa menjalankan sunat dengan baik. Apalagi, mereka mengalami kegemukan atau obesitas.

Obesitas yang terjadi pada anak menyebabkan dua hal pada kemaluan anak. Pertama, penis tenggelam dan seolah-olah penis kecil atau micropenis. Kedua terjadi buried penis. Keduanya menyebabkan dokter sulit melakukan tindakan sunat karena tingkat kesulitan yang berbeda dengan penis pada anak yang normal.

Mengenal Buried Penis

Buried penis adalah kelainan yang menyebabkan penis tersembunyi di bawah kulit. Masalah ini yang paling sering dialami oleh anak laki-laki dengan obesitas yang akan melakukan sunat. Secara umum, ukuran alat vital anak normal seperti layaknya anak seumurannnya yang lain. Namun, karena berada di bawah perut, ukurannya menyusut karena tertutup oleh lemak.

Kondisi penis yang terkubur ini menyulitkan tenaga medis yang akan melakukan prosedur sirkumsisi. Teknik sunat gemuk harus dilakukan pada kondisi burried penis agar hasil bisa maksimal.

Ketidakpahaman teknik sunat gemuk sering kali menimbulkan kesalahan dalam melakukan sunat dengan kondisi seperti ini. Kesalahan yang sering terjadi adalah kulup terpotong terlalu banyak dan menyebabkan penis terlihat lebih pendek. Kedua, kulup terpotong lebih sedikit sehingga hasilnya seperti tidak sunat. Kalau hal ini terjadi, sunat lanjutan harus dilakukan untuk membuang semua bagian kulup yang tersisa.

Mengatasi Burried Penis pada Anak

Burried penis terjadi bisa terjadi karena beberapa faktor, adanya ligamen yang mengikat batang penis sehingga penis tidak keluar dan tenggalam di bawah kulit perut, terjadinya limfaedema yang menyebabkan penumpukan cairan limfa disekitar scrotum sehingga penis jadi tenggelam, dan selanjutnya yang tersering adalah karena adanya obesitas. Karena jumlah lemak di perut banyak dan menyebabkan organ itu terhimpit.

Untuk kasus yang disebabkan oleh kegemukan atau obesitas , cara mengatasinya adalah kadar lemak itu harus dihilangkan agar jaringan di sekitar perut mengecil dan penis bisa kembali ke permukaan.

Karena burried penis tidak disebabkan oleh masalah hormonal, untuk mengatasi masalah ini ayah bunda harus membiasakan anak untuk diet. Pola makan diatur dengan baik agar asupan masuk sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tambahan, anak juga akan diminta menjalankan olahraga secara rutin.

Kalau ayah bunda tidak mau mengambil risiko dengan langsung menyunatkan anak, prosedur ini harus dilakukan sebelum sunat. Namun, kalau tetap ingin melakukannya, bisa meminta tenaga medis untuk melakukan prosedur sunat gemuk.

Metode Sunat pada Burried Penis

Prosedur yang dilakukan secara umum sama. Sayatan, potongan, dan jahitan akan dibuat. Prosedur dilakukan dengan melakukan pembiusan agar anak tidak merasakan sakit.

Dengan melakukan prosedur sunat gemuk, masalah burried penis tidak akan menjadi halangan untuk menjalani sunat. Apalagi, prosedur ini aman dan minim sekali terjadi masalah seperti perdarahan, salah potong kulup, dan masalah teknis lain yang bisa menyebabkan anak kesakitan.

Perawatan Pasca Sunat

Perawatan pasca sunat tentu berbeda dengan anak yang kemaluan normal. Namun, ayah bunda tidak usah takut. Cukup lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Pastikan untuk mengecek luka dan jahitan pada kemaluan. Karena burried penis banyak lipatan lemaknya, peluang mengalami kotor dan infeksi akan besar. Bersihkan area ini secara berkala.
  • Sering menekan bagian sekitar pubis agar penis sering terbuka keluar, luka dikompres iodin, sehingga tidak lembab dan cepat kering.
  • Tetap berikan obat sesuai petunjuk yang diberikan oleh dokter.
  • Cek apakah anak bisa melakukan buang air kecil dalam 12 jam pertama.
  • Kalau ada perdarahan yang terjadi, ada baiknya segera menghubungi dokter atau praktisi kesehatan yang melakukan sunat.

Ayah bunda pasti khawatir pada anak yang sunat, tetapi mengalami burried penis. Mau melakukan diet hingga terapi hormon, juga tidak tega. Solusi dari permasalahan ini adalah mencari layanan jasa sunat yang tepat dan berpengalaman seperti Sunat 123.

Meski tidak melakukan berbagai persiapan sebelum sunat, prosedur sirkumsisi ini tetap bisa dijalankan dengan baik. Dengan begitu, anak telah menjalankan
kewajibannya dan tidak akan ada masalah dengan kebersihan alat vitalnya saat mereka dewasa.

 

Terakhir diubah pada Jumat, 30 Oktober 2020 11:09
dr. Iman Hilmansyah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi