Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Tips Tetap Fokus Saat Anak Belajar Daring

Artikel Kesehatan Jumat, 30 Oktober 2020 11:11
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Tip tetap fokus saat belajar daring sunat123.com - Tip tetap fokus saat belajar daring

Belajar daring atau belajar jarak jauh menjadi pilihan saat ini karena kondisi pandemi yang belum kunjung selesai. Untuk menghindari penularan Covid-19 dan terjadi cluster di lembaga pendidikan, kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan bantuan video conference atau menggunakan platform digital lain.

Memanfaatkan teknologi saat pandemi bisa jadi solusi agar anak tetap mau belajar. Sayangnya, belajar yang dilakukan di rumah dan sekolah tentu berbeda. Kalau berada di rumah, gangguannya ada banyak sehingga anak sulit fokus. Kalau anak Ayah Bunda mengalami hal yang sama, coba lakukan ini.

Tetap Membuat Jadwal Belajar

Meski berada di rumah, tetap harus ada jadwal yang dibuat. Ayah Bunda bisa membuat jadwal secara mandiri atau mengikuti arahan dari sekolah. Misal anak ada jadwal melakukan Zoom meeting atau sejenisnya. Harus ada pengingat agar mereka tidak ketinggalan.

Kalau materi disampaikan via daring melalui email atau media belajar yang diberikan sekolah, Ayah Bunda harus membuatkan jadwal yang tepat. Misal pada pukul 09.00-11.00 setiap pagi harus mengerjakan tugas sampai selesai. Dengan begitu, kebiasaan malas anak akan hilang karena tetap ada kedisiplinan di sekolah.

Menciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Setiap anak memiliki kebiasaan sendiri-sendiri. Ada yang kebiasaannya belajar dalam kondisi tenang dan nyaman. Namun, ada juga yang bisa belajar dalam kondisi apa pun. Untuk itu, pastikan untuk membuat suasana belajar jadi nyaman dan tenang sehingga anak bisa lebih fokus.

Membiasakan Anak Bangun Pagi, Tidur Tidak Kemalaman

Anak harus dibiasakan untuk bangun di pagi hari seperti saat mereka sedang sekolah. Misal bangun pukul 05.00 setiap hari. Selanjutnya mereka diminta untuk ibadah dan juga mandi hingga bersih. Selanjutnya, anak diminta mengecek jadwal dan langsung standby untuk belajar.

Saat malam hari, anak tetap diminta untuk tidur cepat. Misal harus tidur di bawah pukul 21.00 setiap harinya. Dengan melakukan ini, akan terbiasa untuk disiplin sehingga fokusnya terjaga. Meski berada di rumah, bukan berarti harus malas-malasan meski tidak bertemu guru.

Hindarkan Anak dari “Pengganggu”

Pengganggu masing-masing anak berbeda. Ada yang pengganggunya berupa makanan, televisi, ponsel, sampai mainan lain yang sering dipakai. Agar fokus anak tetap terjaga dengan baik, pengganggu harus disingkirkan dahulu. Bila perlu, anak diajak ke ruangan khusus agar proses belajarnya tidak terganggu.

Kalau gangguannya sulit untuk dihindari, Ayah Bunda harus mau mengambilnya atau anak terus diawasi saat belajar. Dengan begitu, mereka tidak akan bermain dan tetap pada jalur yang benar.

Tetap Dipantau dan Dievaluasi

Terkadang pembelajaran jarak jauh yang dilakukan bisa menyebabkan anak merasa malas dan akhirnya bosan. Kalau sudah pada tahap ini, Ayah Bunda harus mau melakukan evaluasi sehingga proses belajar anak tetap terasa menyenangkan.

Belajar jarak jauh memang tidak mudah dilakukan, tapi tetap harus dijalankan agar anak tetap bisa mendapatkan pendidikan. Ayah Bunda mungkin akan sedikit repot, tapi demi kelangsungan pendidikan anak, mau tidak mau harus terus mengawasi dan mengontrol dengan baik.

Oh ya, karena belajar dilakukan di rumah, anak laki-laki bisa melakukan sunat kapan saja. Misal dengan mengundang Sunat 123 ke rumah agar dokter melakukan prosedur dengan lebih aman. Ayah Bunda dapat berkonsultasi juga untuk pemilihan jenis sunat yang aman dan mudah perawatanya, tentunya agar Anak dapat beraktifitas nyaman di rumah.

dr. Shinta Chairiah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi