Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Manfaat Minum Air Hangat Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Artikel Kesehatan Senin, 26 Oktober 2020 09:21
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
Sunat123.com - Manfaat minum air putih hangat di pagi hari Sunat123.com - Manfaat minum air putih hangat di pagi hari

Selama satu hari penuh, semua orang mulai dari anak hingga dewasa wajib minum air putih yang cukup. Jumlahnya bervariasi mulai dari 1 liter sampai 2 liter atau 8 gelas setiap hari. Air akan membuat tubuh jadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi yang sangat berbahaya.

Secara umum, air jenis apa pun bisa dikonsumsi setiap hari. Namun, ada yang merekomendasikan air putih hangat dikonsumsi saat pagi hari setelah seseorang bangun tidur. Nah, kira-kira apa manfaat minum air hangat saat bangun tidur di pagi hari?

Manfaat air putih hangat.

  • Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan bisa mengalami gangguan kalau lemak tidak bisa diserap dengan baik dan cenderung tertimbun. Selain itu, penyerapan nutrisi juga bisa mengalami gangguan, kalau usus halus terdapat masalah. Dengan rutin minum air hangat, lemak di dalam tubuh tidak akan mudah membeku atau sulit untuk dihancurkan. Selain itu, penyerapan nutrisi di dalam tubuh juga berjalan dengan lancar.

  • Membantu Menurunkan BB

Dengan minum air hangat, tubuh akan mekompensasi tempertaur air dan membawa suhu dalam tubuh menjadi turun, ini akan membuat metabolisme di dalam tubuh mengalami peningkatan dengan sendirinya. Saat metabolisme mengalami peningkatan, lemak yang ada di dalam tubuh akan termetabolisme.

Meminum air hangat juga akan cenderung membuat kenyang, sehingga tidak jarang diikuti denga penurunan jumah intake makanan. Dengan terhidrasi baik, ginjal akan mengeluarkan air dan lebih adekuat melalui kencing dan membuat berkurangnya massa air di dalam tubuh, dan ikut mengurangi berat badan juga.

Sayangnya, hanya minum air hangat di pagi hari saja tidak akan menurunkan BB secara langsung. Olahraga yang rutin dan juga diet yang tepat juga harus dilakukan untuk membantu prosesnya.

  • Menurunkan Risiko Sembelit

Sebenarnya minum air dengan suhu berapa pun di pagi hari akan membantu pergerakan kontrkasi di dalam usus. Jadi, kalau Ayah Bunda sering mengalami masalah seperti sembelit, minum air putih hangat akan memperlancar pergerakan sehingga semua kotoran di dalam tubuh bisa dikeluarkan.

  • Melancarkan Pernapasan

Sering mengalami batuk pilek, bersin, atau gejala alergi lain di pagi hari yang dingin? Berdasarkan kutipan peneltian oleh A sanu et al. Rhinology. pada 2008, Air putih yang hangat akan membantu tubuh agar gejala itu tidak muncul. Jadi, setiap pagi tidak akan merasa terganggu.

  •  Menstabilkan Aliran Darah

Rutin minum air hangat di pagi hari akan membuat pembuluh darah menjadi lebih berdilatasi dan tidak kaku, sehingga membawa aliran darah ke seluruh tubuh dengan lebih baik.

Otot di dalam tubuh juga menjadi relaks, masalah yang terjadi pada otot seperti nyeri yang intens setelah olahraga atau bekerja bisa diminimalkan. Ingat, hanya air putih saja, jangan tambahan gula, apalagi berlebihan.

  • Mencegah Penuaan Dini

Dengan minum air hangat setiap pagi, racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan baik. Efeknya, kerusakan sel di dalam tubuh khususnya di wajah tidak akan terjadi.  Efek penuaan dini tidak akan terjadi meski usia terus bertambah.

  • Mencegah Nyeri di Persendian

Ketika mengkonsumsi air hangat sistem endokrin akan teraktivasi dan membuat kita lebih mudah berkeringat. Dan ketika berkeringat, racun di tubuh akan keluar melaui keringat. Keluarnya racun di tubuh akan membantu mengurangi inflamasi, membantu persendian tetap terlubrikasi baik dan juga mencegah terjadinya penyakit gout arthritis ( jenis peradangan pada sendi ).

Salah satu manfaat minum air putih hangat di pagi hari adalah menurunkan berat badan. Hal ini bisa sangat berguna pada anak-anak yang mengalami obesitas dan memiliki buried penis. Dengan air hangat, proses diet dan olahraga bisa maksimal sehingga sunat bisa segera dilakukan dengan aman.

Sunat yang aman saat pandemi bisa dilakukan di Sunat 123. Ayah Bunda bisa mengajak buah hati ke lokasinya langsung atau memanggil dokter. Meski kondisi pandemi masih belum terkontrol, dokter menjamin kalau prosesnya aman sehingga anak bisa segera sembuh dan beraktifitas kembali.

Terakhir diubah pada Senin, 26 Oktober 2020 09:51
dr Zuhdi

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi