Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Kenali Gejala, Penyebab, dan Penanganan Hernia Inguinal pada Bayi & Anak

Artikel Kesehatan Senin, 26 Oktober 2020 08:45
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Kenali Gejala, Penyebab, dan Penanganan Hernia Inguinal pada Bayi & Anak sunat123.com - Kenali Gejala, Penyebab, dan Penanganan Hernia Inguinal pada Bayi & Anak

 

Secara umum, bayi yang baru lahir bisa mengalami hernia di beberapa bagian tubuhnya. Pertama hernia yang terjadi di sekitar pusatnya atau disebut hernia umbilikal dan kedua hernia yang terjadi di sekitar kemaluannya atau hernia inguinalis. Keduanya, sama-sama berbahaya kalau tidak segera ditangani.

Hernia pada bayi dan anak berbeda dengan yang terjadi pada dewasa. Pada bayi dan anak, penyebabnya adalah kegagalan penutupan sakus vaginalis yang seharusnya menutup pada akhir masa kehamilan, sedangkan pada dewasa, penyebabnya merupakan kelemahan otot yang berada disekitar inguinal.

Untuk mengetahui apakah anak terdapat hernia inguinal atau tidak, Ayah Bunda harus mengecek tubuh anak secara langsung. Ada beberapa gejala yang terlihat dengan jelas sehingga anak bisa segera dibawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Gejala Hernia Inguinal pada Anak

Ayah Bunda, insisden terjadinya hernia berhubungan dengan prematuritas dimana terjadi pada 10-30% bayi prematur dan bisa bersamaan dengan kelainan lain seperti tidak turun nya testis, defek dinding perut.  Jenis kelamin laki-laki 3x lebih sering dibanding perempuan. Sisi kanan 2x lebih sering(60%) dibanding sisi kiri. . Jadi, kalau memiliki bayi laki-laki, ada baiknya untuk segera mengecek tubuhnya dengan baik. Kalau gejala di bawah ini muncul, kemungkinan besar terjadi hernia.

  • Muncul benjolan abnormal

Muncul benjolan di sekitar selangkangannya. Benjolan bisa terjadi di lipatan paha dan ada yang terjadi di skrotum atau buah zakarnya. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit bisa terjadi karena jepitan cincin hernia terhadapt organ perut yang keluar.

  • Demam

Demam yang tidak wajar dan disertai dengan warna merah di sekitar benjolan tubuh. Kondisi ini menjadi tanda kalau hernia sudah semakin parah dan menyebabkan gangguan fisik pada anak.

  • Mengalami gangguan pencernaan

Benjolan yang terjadi di inguinal bisa menyebabkan masalah pencernaan kalau sudah parah. Anak akan mudah mengalami kembung dan perutnya keras. Kondisi sembelit juga sering muncul dan kalau sudah parah, feses yang keluar sering ada darahnya.

 

  • Bayi sering rewel

Rasa sakit yang sangat mengganggu menyebabkan bayi sering sekali mengalami rewel. Bahkan, tidur pun terasa tidak tenang sehingga suasana hatinya akan sering buruk.

Penanganan Hernia Inguinal pada Bayi & Anak

Penanganan yang tepat untuk hernia inguinal pada bayi & anak adalah dengan operasi. Kapan waktu operasi yang tepat?

Waktu yang tepat untuk operasi adalah segera setelah diagnosis hernia inguinal ditegakkan tanpa melihat usia. 

Salah satu faktor predisposisi hernia inguinal pada bayi & anak adalah fimois dengan kesukaran kencing. Setelah semua masalah hernia teratasi dengan baik, Ayah Bunda bisa mengantarkan mereka untuk melakukan sunat bayi tanpa ada masalah atau risiko lain yang mengancam.

Sunat anak di kala pandemi seperti ini memang sangat bahaya. Namun, di Sunat 123, semua dokter dan perawat yang menangani sudah menggunakan prosedur APD yang tepat. Kalau Ayah Bunda merasa masih khawatir, dokter bisa diundang ke rumah sehingga proses sunat bayi bisa berjalan lancar.

Terakhir diubah pada Senin, 26 Oktober 2020 09:17
dr. Muhammad Mirwan

Dokter Sunat123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi