Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Inilah Fase Perkembangan Bayi 0-12 Bulan yang Wajib Diketahui

Artikel Kesehatan Sabtu, 24 November 2018 16:54
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Inilah Fase Perkembangan Bayi sunat123.com - Inilah Fase Perkembangan Bayi

Ayah Bunda ingin si kecil tumbuh sehat dan cerdas? Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan setiap perkembangan bayi. Jika mampu memahami tanda khusus perkembangannya, Ayah Bunda bisa memberikan perlakuan yang tepat.

Nah, sebagai acuan, berikut ini millestone perkembangan bayi umur 0-12 bulan yang harus Ayah Bunda pelajari.

1. Umur 1 Bulan

Ketika memasuki umur 1 bulan, bayi bergantung pada gerak refleks. Misalnya, menguap, menangis, bersin, dan mengisap. Matanya sudah bisa melihat, meskipun jarak pandang hanya 1 meter. Sementara indera pendengaran berfungsi sejak masih dalam kandungan. Untuk perkembangan emosional, bayi berumur 1 bulan menggunakan bahasa isyarat berupa tangisan dan mulai bias tersenyum sendiri.

2. Umur 2 Bulan

Bayi berumur 2 bulan mulai menelungkupkan tubuhnya serta menahan kepala dan leher setinggi 450. Ia pun mampu melakukan gerakan kecil, seperti pukulan tanpa arah. Menariknya, di usia ini, si kecil sudah mampu tersenyum pada sang ibu dan mulai melihat arah gerakan benda. Si kecil juga mulai bersuarah “ooaahh”.

3. Umur 3 Bulan

Tanda paling kentara pada bayi umur 3 bulan adalah kepalanya yang tegak saat digendong. Si kecil juga bisa memekik dan bergumam. Perkembangan selanjutnya, ia dapat menirukan gerakan ibu dan tertawa.

4. Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan bayi 4 bulan terlihat jelas pada gerakannya. Dari mulai menegakkan kepala, berputar, tengkurap, sampai memegang benda. Si kecil di umur ini pun memiliki sense kuat pada benda terang dan bercahaya.

5. Perkembangan Bayi 5 Bulan

Di usia 5 bulan, Ayah Bunda sudah bisa melatih bayi agar duduk tegak. Umumnya, bayi umur 5 bulan juga mulai merangkak dan menggenggam benda. Si kecil pun menjadi lebih ekspresif dan responsif.

6. Perkembangan Bayi 6 Bulan

Saat menginjak umur 6 bulan, bayi mampu mengenali wajah seseorang. Ia mulai bisa mengucapkan satu suku kata. Si kecil juga sudah lancar merangkak, meniru tindakan Ayah Bunda, serta suara hewan.

7. Perkembangan Bayi 7 Bulan

Perkembangan menakjubkan terlihat di umur 7 bulan; bayi bisa merangkak dan duduk tanpa bantuan. Ia bisa meniru berbagai kata, mengumpulkan benda, serta melambaikan tangan.

8. Perkembangan Bayi 8 Bulan

Umur 8 bulan, si kecil mampu berdiri dengan bantuan benda. Jika ada objek yang disukai, ia akan menunjuk menggunakan jemari atau tangannya. Selain itu, si kecil mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain. Pengucapan kata-kata sederhana sudah mulai jelas ( dadadamama)

9. Perkembangan Bayi 9 Bulan

Si kecil mampu memanggil orang tuanya saat memasuki umur 9 bulan. Ia pun sering berceloteh dan memadukan kata-kata. Perkembangan paling menakjubkan, si kecil bisa berjalan dengan bantuan benda-benda di sekitarnya.

10. Perkembangan Bayi 10 Bulan

Bayi 10 bulan akan memberikan respons cepat jika dipanggil namanya. Ia pun mampu mengekspresikan penolakan. Bahkan, si kecil dapat menunjukkan hal yang diinginkan menggunakan bahasa tubuh.

11. Perkembangan Bayi 11 Bulan

Beberapa bayi yang berumur 11 bulan sudah bisa berjalan dengan baik. Meski begitu, sebagian masih menggunakan benda-benda di sekitarnya untuk berjalan. Di samping itu, rasa penasarannya terhadap benda mulai timbul. Semisal, buku—si kecil biasanya suka menggerakkan tangan untuk membuka halaman buku.

12. Perkembangan Bayi 12 Bulan

Perkembangan signifikan terjadi pada bayi berumur 12 bulan. Ia bisa berjalan lancar, berbicara, dan mengikuti perintah sederhana. Si kecil pun mulai mampu menunjukkan kegemarannya.

Itulah perkembangan bayi berumur 0-12 bulan yang perlu Ayah Bunda pahami. Selain memperhatikan perkembangan si kecil, Ayah Bunda pun harus memilih waktu terbaik untuk menyunatnya. Dalam hal ini, layanan Sunat 123 menyediakan prosedur sunat laki-laki maupun perempuan secara profesional.

Ingin tahu info lengkap tentang layanan Klinik Sunat 123? Silakan hubungi CS di nomor 082219123123.

dr. Shinta Chairiah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123