Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Inilah Masa Tumbuh Kembang Balita yang Wajib Diketahui Orang Tua

Artikel Kesehatan Senin, 19 November 2018 09:13
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - Inilah Masa Tumbuh Kembang Balita yang Wajib Diketahui Orang Tua sunat123.com - Inilah Masa Tumbuh Kembang Balita yang Wajib Diketahui Orang Tua

Usia bawah lima tahun (balita) merupakan masa penting dalam pertumbuhan anak. Rentang usia ini kerap disebut sebagai golden age atau usia emas. Ayah Bunda harus tahu, bahwa pertumbuhan di masa balita, menjadi landasan penting untuk perkembangan anak pada tahun-tahun berikutnya. Bahkan, sejatinya perkembangan terpesat anak dimulai sejak dalam kandungan hingga berusia 2 tahun yang dikenal sebagai 1.000 hari pertama kehidupan.

Untuk bahan pertimbangan Ayah Bunda dalam mendidik anak, berikut adalah tahapan-tahapan perkembangan si kecil sejak dalam kandungan sampai menginjak usia 5 tahun:

1. Masa dalam kandungan (janin) – 12 bulan

Masa ini masuk dalam 1000 hari pertama kehidupan. Seribu hari pertama kehidupan merupakan momen awal pertumbuhan anak. Perhitungan hari pertama kehidupan itu dimulai sejak bayi dalam kondisi janin, yaitu saat terjadi pembuahan (hari pertama bunda hamil) hingga mencapai usia 2 tahun. Pada masa kehamilan, ibu harus memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Asupan nutrisi yang cukup pada masa kehamilan, bisa meningkatkan perkembangan otak, sel-sel organ tubuh dan sistem imun anak.

Ketika bayi lahir, orang tua diharapkan untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) agar colostrum (cairan jernih keputihan yang pertama kali keluar dari payudara Bunda). Selain itu, di lanjutkan pula untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada si kecil hingga mencapai usia 6 bulan. Setelah itu, pada rentang usia 6 bulan sampai 2 tahun, si kecil diperbolehkan untuk memperoleh asupan nutrisi tambahan dari makanan penunjang ASI (MPASI).

Pemberian ASI bisa membantu perkembangan anak menjadi lebih baik. Anak yang memperoleh ASI, punya sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Selain itu, bayi juga menjadi lebih cerdas dan punya berat badan yang ideal. Di waktu yang sama, ASI juga membuat tulang bayi jadi lebih kuat dan berperan mengurangi sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Dalam perkembangan psikologis, pemberian ASI eksklusif dapat meningkatkan bonding antara Bunda dan anak, sehingga menimbulkan dampak positif dalam emotional dan perkembangan karakteristik anak.

2. Pertumbuhan anak ketika berusia 1-2 tahun

Anak usia 1-2 tahun yang masuk dalam tahap 1.000 pertama kehidupan, menjadi momen penting bagi anak untuk belajar banyak hal. Anak pada rentang usia ini, memiliki kemampuan untuk mengenali benda-benda di sekitarnya. Mereka juga sudah mulai belajar untuk mengucapkan kata-kata. Kemampuan anak untuk meniru juga sangat cepat, karena sel otak pada anak tumbuh dengan cepat pada usia ini hingga 3 tahun.

Ketika memasuki usia 2 tahun, anak pun dapat memahami konsep penyebutan nama serta bentuk. Mereka juga mampu mengucapkan nama dari orang-orang yang ada di sekitarnya, termasuk nama kedua orang tuanya. Kalau anak tumbuh dengan baik, tak menutup kemungkinan mereka dapat mengucapkan satu kalimat dengan lancar.

Pertumbuhan fisik anak juga melesat dalam usia ini. Tulang mulai kuat menopang tubuh, perkembangan sel-sel tubuh, system imunitas juga berkembang pesat.

3. Perkembangan anak saat usia 3 tahun

Pada usia 3 tahun, anak bakal memiliki perkembangan fisik yang pesat. Pergerakan anak menjadi lebih aktif, tak sekadar berjalan, tetapi sudah bisa berlari, memanjat, melompat, ataupun bersepeda. Selain itu, anak juga memiliki kemampuan untuk memegang sendok ataupun pensil sendiri. Di waktu yang sama, anak usia 3 tahun sudah punya gigi susu yang lengkap. Pertumbuhan sel otak anak mencampai puncak pada usia ini, dan jumlahnya lebih banyak daripada orang dewasa.

4. Perkembangan anak saat berusia 4 tahun

Kemampuan kognitif anak berkembang begitu pesat ketika memasuki usia 4 tahun. Mereka bisa mengetahui nama hewan, warna, serta punya pemahaman terhadap konsep berhitung. Di waktu yang sama, kemampuan berbahasa anak juga meningkat. Anak usia 4 tahun, dapat memahami kejadian di sekitarnya dan menceritakannya kembali.

5. Pertumbuhan anak saat menginjak usia 5 tahun

Usia 5 tahun menjadi tahapan ketika anak sudah mulai melakukan beberapa aktivitas sendiri. Mereka sudah bisa diajarkan untuk buang air besar ataupun air kecil di toilet. Demikian pula ketika si kecil melepas baju. Terkait kemampuan kognitif, anak bisa mengetahui alamat rumah dan bahkan bisa pula mengingat nomor telepon orang terdekatnya.

Itulah tahapan perkembangan yang perlu diketahui dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para orang tua. Salah satunya adalah dengan melakukan sunat saat usia masih bayi. Keuntungan sunat bayi, waktu pemulihannya bisa lebih cepat. Untuk pilihan tepat sunat bayi yang tepat, tak perlu pikir panjang. Anda bisa menggunakan layanan Sunat123.com. Dengan tenaga yang berpengalaman dan peralatan canggih, sunat bayi bisa dilakukan dengan cepat dan nyaman.

 

dr. Shinta Chairiah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123