Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Artikel Kesehatan Minggu, 11 November 2018 07:31
Nilai butir ini
(2 pemilihan)
sunat123.com - Cara Mengatasi Anak Susah Makan sunat123.com - Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Meski terkesan lumrah, anak susah makan adalah salah satu momen paling meresahkan sekaligus menjengkelkan bagi para ibu. Membuat jengkel karena anak umumnya akan menolak atau bahkan membuang semua makanan yang tidak dikehendakinya. Sementara jika hal itu dibiarkan, keresahan akan kebutuhan dan kecukupan nutrisi juga tak henti menghampiri benak si ibu.

Bagaimanapun, anak tetap membutuhkan asupan kalori guna menunjang tahapan tumbung kembangnya. Apalagi, menurut Kementerian Kesehatan, angka kecukupan gizi (AKG) bagi anak usia balita (1-6 tahun) sekitar 1.100 - 1.600 kalori per hari. Itu artinya, masalah ini juga tidak bisa disepelekan. Dibutuhkan perhatian serta kesabaran ekstra, pun cara efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak. Nah, berikut beberapa tips mengatasi anak susah makan yang bisa Anda terapkan.

1. Buatlah Suasana Makan Senyaman Mungkin

Bagi sebagian besar ibu, memaksa anak untuk makan dianggap sebagai solusi terbaik dari masalah ini. Padahal, dengan marah dan memaksa anak, nafsu makan bukan bertambah tetapi justru anak akan semakin malas dan menghindar. Bila anak menunjukkan tidak mau makan, maka tawarkan kembali makanan tanpa paksaan. Bila setelah 10 – 15 menit anak tidak mau makan, maka sebaiknya diakhiri. Batasi waktu makan 30 menit saja dan tidak berlarut-larut.

Hindari bermain saat makan, pastikan anak duduk pada satu tempat dan berhadapan dengan Ayah atau Bunda yang sedang memberikan makanan, lakukan interaksi dan tidak bermain gadget saat sedang makan, menonton tv, atau sambil berjalan.

Sebaiknya, ciptakan suatu kondisi agar anak bisa dengan sukarela mengambil makanannya. Misalnya, dengan mengajak teman-temannya untuk makan bersama. Dengan begitu, mereka akan lebih antusias sekaligus akan memakan lebih banyak dibandingkan ketika mereka makan seorang diri.

2. Jadwalkan Waktu Makan Anak Bersama Keluarga

Masa kanak-kanak adalah masa ketika mereka belajar meniru segala hal dari lingkungan sekitar, termasuk juga urusan makan. Karenanya, usahakan lingkungan keluarga juga mendukung untuk mengatasi persoalan anak susah makan ini. Salah satu cara yang dianggap efektif adalah dengan membiasakan anak makan bersama keluarga. Tersering adalah jadwal makan malam, saat anggota keluarga banyak berkumpul.

Di momen ini, balita akan belajar melihat dan mengenal berbagai jenis makanan sekaligus meniru orang tua atau orang di sekelilingnya untuk makan. Jangan lupa untuk menawarkan satu per satu makanan sekaligus mengambilkan makanan yang dikehendaki anak. Jika anak hanya mau makan dengan menu yang itu-itu saja, jangan lantas langsung dimarahi. Karena terkadang, anak membutuhkan waktu untuk mengenal jenis makanan baru.

Perlu diingat bahwa anak memerlukan jadwal makan yang benar, yaitu tiga kali jadwal makan utama dan dua kali jadwal makan tambahan.

3. Olah Makanan dengan Kreatif dan Variatif

Nyatanya, penampilan luar makanan juga bisa menjadi pemantik bagi nafsu makan anak. Anda bisa mengolah makanan secara lebih variatif, tidak saja agar anak terhindar dari rasa bosan tetapi juga sebagai upaya lain untuk mencukupi kebutuhan gizi mereka. Apalagi jika makanan tersebut disajikan dengan tampilan yang menarik, dengan variasi warna dan bentuk , misalnya tokoh kartun favoritnya, dijamin anak akan langsung lahap menyantapnya.

Tugas bunda untuk mengamati makanan apa yang disukai oleh anak dan apa yang tidak disukai , kemudian lakukan pendekatan dan komunikasikan dengan anak bila anak sudah mulai bisa berinteraksi.

4. Sediakan Camilan Sehat nan Lezat

Jika Anda merasa si kecil makan terlalu sedikit, Anda bisa mencukupi kebutuhan gizinya dengan membuat camilan sehat. Camilan sehat dan lezat dianggap lebih efektif dibandingkan dengan harus memaksa mereka makan lebih banyak atau dalam porsi besar.

Agar kebersihan dan kandungan nutrisinya lebih terjamin, sebaiknya buatlah camilah sehat dan lezat tersebut di rumah. Misalnya, dengan membuat puding buah, es atau jus buah, kue, atau yang lainnya.

5. Perhatikan Minum Anak

Memperhatikan minuman yang dikonsumsi anak juga penting dalam proses menjaga nafsu makan mereka. Usahakan ketika makan, anak tidak terlalu banyak minum karena hal tersebut bisa menyebabkan perut kembung dan anak cepat merasa kenyang. Alhasil, ini sangat berpengaruh terhadap porsi makan mereka yang cenderung lebih sedikit.

Pun demikian ketika mereka minum susu atau jus. Atur waktu pemberian yakni antara dua waktu makan dan bukan sesaat sebelum makan. Batasi pula pemberian jus, susu, dan minuman manis lain karena seringnya balita akan mudah kenyang dan tidak lagi tertarik untuk makan. Sebagai gambaran, untuk anak 6 – 8 bulan, disarankan pemberian makan pendamping 2 x/hari dan ASI 6x/hari. Untuk anak usia 9 – 11 bulan disarankan 4 x pendamping ASI dan 4 x ASI. Dan untuk anak 12 bulan ke atas, disarankan pemberian 6 x pendamping ASI dan 2 x susu.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi anak susah makan yang bisa Anda terapkan. Dapatkan pula berbagai info menarik seputar dunia tumbuh kembang anak di website sunat123.com. Sebuah platform jasa layanan sunat profesional yang juga memfokuskan diri pada tahapan perkembangan anak. Diisi oleh dokter-dokter yang sangat ahli di bidangnya, dijamin akan banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Yuk, tunggu apa lagi?

dr. Naenda Stasya

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung (Segera Dibuka)
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri, Kec. Cikarang Barat
Kab. Bekasi. Jawa Barat