Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Fakta atau Mitos: Bayi Dibedong agar Kakinya Lurus

Artikel Kesehatan Selasa, 05 November 2019 11:31
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Fakta atau Mitos: Bayi Dibedong agar Kakinya Lurus sunat123.com - Fakta atau Mitos: Bayi Dibedong agar Kakinya Lurus

Kebiasaan membedong bayi menjadi fenomena yang dipraktikkan secara luas oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat percaya kalau tradisi tersebut bermanfaat besar bagi perkembangan bayi. Pemakaian selimut untuk membungkus tubuh bayi, tidak hanya mampu memberi rasa hangat. Tak hanya itu, banyak juga yang beranggapan kalau bedong bayi berguna biar kaki si kecil tidak bengkok.

Fenomena kaki bengkok pada bayi memang menjadi jenis kelainan yang sangat mengganggu perkembangannya. Kondisi kaki bengkok bisa dilihat ketika pergelangan kaki dalam kondisi rapat tetapi lutut tidak dalam kondisi saling menyentuh, atau kaki melintir ke sisi dalam. Kelainan kaki bengkok membuat si kecil mengalami kesulitan ketika belajar berjalan. Namun, apakah kaki bengkok memang bisa disembuhkan dengan cara membedong bayi?

Fenomena Kaki Bengkok Pada Bayi

Hal yang perlu ayah bunda ketahui, bayi memang bisa saja mengalami kelainan berupa lutut bengkok atau kaki bengkok. Lutut bengkok dapat ditengarai ketika tumit saling mendekat, lutut terlihat saling menjauh, sehingga kaki terlihat membentuk huruf O. Sementara itu, kaki bengkok yang dikenal dengan istilah club foot terjadi ketika area di bawah perbelakangan kaki terlihat cenderung bengkok ke arah dalam.

Lutut bengkok merupakan fenomena yang normal pada bayi baru lahir. Kondisi ini biasa berlangsung sampai bayi berusia 3 tahun. Meski begitu, ayah bunda juga bisa menemukan lutut bengkok yang disebabkan oleh penyakit. Apalagi, ketika lutut bengkok itu terus berlangsung sampai anak berusia lebih dari 3 tahun.

Ada beberapa jenis penyakit yang menimbulkan lutut bengkok, seperti skeletal dysplasia, blount disease, ricketsia, ataupun cerebral palsy. Ketika ayah bunda mendapati lutut bengkok pada bayi terus berlangsung sampai usia lebih dari 3 tahun, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter anak.

Sementara itu, kaki bengkok merupakan sebuah kelainan yang bisa terjadi karena berbagai penyebab. Kelainan ini dapat saja muncul karena efek penyakit lain seperti spina bifida. Selain itu, kaki bengkok bisa pula terjadi karena posisi janin ketika berada di dalam rahim, terutama pada janin berukuran besar.

Bedong Bayi dapat Menyembuhkan Lutut dan Kaki Bengkok?

Lalu, apakah bedong bayi memang benar-benar mampu menyembuhkan kaki serta lutut yang bengkok? Seperti yang telah disebutkan, pada kasus lutut bengkok, kaki dapat lurus tanpa perlu penanganan khusus. Namun, bagaimana ketika bayi mengalami gangguan kaki bengkok?

Seperti halnya lutut bengkok, bedong bayi tidak mampu meluruskan kaki yang bengkok. Bahkan, bedong yang dilakukan dengan cara salah, bisa berakibat fatal, seperti displasia panggul, infeksi pernapasan, ataupun sindrom kematian mendadak (SIDS). Efek negatif tersebut dapat terjadi ketika bedong dilakukan dengan ikatan terlalu kencang.

Tidak hanya gangguan secara fisik, bedong juga dapat menghambat pergerakan bayi. Apalagi, ketika ayah bunda memutuskan untuk melakukan sunat bayi. Biar proses sunat berlangsung dengan lancar, ayah bunda perlu memilih lokasi sunat yang tepat dan dilakukan oleh praktisi profesional serta berpengalaman.

Rekomendasi tempat sunat yang dapat ayah bunda perhatikan adalah sunat 123. Di sini, ayah bunda akan menemukan proses sunat yang dilakukan oleh tenaga dokter berpengalaman dan profesional. Di sini, ayah bunda bisa menemukan berbagai teknik sunat modern, seperti stapler, klamp, ataupun cauter.

Itulah fakta terkait fenomena bedong pada bayi yang perlu ayah bunda ketahui. Bedong boleh saja digunakan pada bayi. Hanya saja, ayah bunda perlu tahu bahwa manfaat bedong dalam meluruskan kaki, adalah mitos belaka.

Terakhir diubah pada Selasa, 05 November 2019 11:42
Triwahyudi ZE, dr, MARS

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Sunat Bikin Cepat Tumbuh Besar. Mitos atau Fakta?

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung (Segera Dibuka)
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri, Kec. Cikarang Barat
Kab. Bekasi. Jawa Barat