Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Mitos atau Fakta: Setelah Khitan Tidak Boleh Mandi Sampai Luka Sembuh?

Artikel Kesehatan Minggu, 19 Januari 2020 17:09
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Mandi Setelah Khitan sunat123.com - Mandi Setelah Khitan

Proses pemotongan lapisan kulit pada penis yang dilakukan saat khitan memang merupakan prosedur sederhana. Meski begitu perawatan pasca sunat tetap harus diperhatikan. Selain mengatur menu makanan, konsumsi obat (jika dibutuhkan) hingga proses pembersihan harus dilakukan dengan penuh ketelatenan. Selain untuk mencegah infeksi, perawatan harus benar agar luka cepat sembuh. 

Ayah Bunda pasti pernah mendengar bahwa anak yang baru selesai khitan tidak boleh mandi sampai luka benar-benar sembuh. Benarkah ini?

Setelah sunat, anak-anak biasanya tidak diperbolehkan mandi selama setidaknya 3 hari. Faktanya, anak malah harus mandi. Membiarkan anak tidak mandi sampai luka benar-benar sembuh malah akan membuat tubuhnya tidak higienis. Ketika terlalu banyak kotoran dan bakteri di tubuh, penyembuhan luka justru akan semakin lama.

Selama pasca sunat, Ayah Bunda bisa membantu si kecil. Saat mandi, anak sudah diperbolehkan mandi asal tidak berendam dan basah perban atau lemnya. Caranya, tutup luka dan perbannya dengan plastik atau gelas, supaya tidak langsung terkena air. Namun, berbeda pada sunat dengan metode klamp, penis anak boleh berendam dan terkena air. Jika Ayah Bunda masih ragu, silakan bertanya pada dokter yang melakukan prosedur khitan mengenai boleh atau tidaknya si kecil mandi.

Perawatan Pasca Khitan Agar Luka Cepat Sembuh

Rasa sakit setelah khitan membuat anak memerlukan waktu istirahat hanya pada hari pertama saja, dengan biasanya puncak rasa sakit antara 3-6 jam pasca sunat. Selain itu, menghindari area penis anak terbentur juga penting untuk mencegah perdarahan. Masa penyembuhan pun tidak bisa ditentukan lamanya karena kondisi masing-masing anak itu berbeda. Namun umumnya luka akan pulih sempurna dalam waktu dua hingga tiga minggu, tapi luka sudah tampak kering setelah 3 hari. Untuk orang dewasa, pemulihan bisa lebih lama lagi yakni antara tiga sampai empat minggu. Yang terpenting adalah mengikuti prosedur yang telah disarankan oleh tim klinik dengan sebaik-baiknya.

Selain menjaga kebersihan dengan mandi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan pasca sunat yakni:

1. Memberikan Obat Pereda Nyeri

Rasa sakit dan nyeri pada area penis adalah hal yang wajar. Namun jika hal ini berlangsung lama dan intens, tentu akan membuat anak merasa tidak nyaman. Dokter biasanya akan meresepkan obat pereda nyeri. Ayah Bunda juga bisa memanfaatkan pereda sakit alami. Agar aman, konsultasikan terlebih dahulu pemberian obat-obatan tradisional ini dengan dokter.

2. Menjaga Kebersihan Area Penis

Luka yang basah dan dibiarkan kotor akan memicu munculnya infeksi. Karena itu, membersihkannya secara berkala adalah hal yang penting. Perban biasanya baru bisa dibuka setidaknya 2 hari setelah khitan. Setelahnya, bersihkan area penis dengan menggunakan kompres betadine yang disediakan. Tidak perlu dibersihkan dengan sabun apalagi digosok.

3. Kenakan Celana Dalam yang Pas

Selain untuk kenyamanan, menggunakan celana dalam (bukan celana batok/sunat) akan mempercepat reda ngilunya kepala penis yang baru terbuka. Dengan begitu, proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat dan anak lebih pede dalam perawatan luka.

4. Hindari Aktivitas Berat

Dalam seminggu pertama setelah khitan, aktivitas berat sangat tidak dianjurkan. Meskipun luka sudah mulai kering, tapi jika rasa nyeri masih terasa sebaiknya anak tidak dibiarkan mengendarai sepeda atau mainan sejenis.

5. Perhatikan Makanan

Agar cepat sembuh, pastikan anak mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Hindari memberikan makanan yang bisa memicu alergi.

Proses perawatan sama pentingnya dengan prosedur khitan itu sendiri. Agar sunat berjalan lancar dan pemulihan lebih singkat, serahkan urusan khitan si kecil hanya pada Sunat 123.

 

Terakhir diubah pada Senin, 20 Januari 2020 14:21

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri,
Kec. Cikarang Barat, Kab. Bekasi. Jawa Barat
No. Telp:
08121 6666 123
Sunat 123 Medan
Kompleks Ruko Milala Mas, 
Blok B Jl. Setia Budi No.22
Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal,
Kota Medan, Sumatera Utara
No. Telp:
0812 8142 8671