Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Sunat saat Bulan Puasa

Artikel Kesehatan Minggu, 19 Januari 2020 17:48
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Sunat saat Bulan Puasa sunat123.com - Sunat saat Bulan Puasa

Sunat dapat dilakukan kapan saja. Namun, masyarakat kerap menghindari sunat ketika Bulan Ramadhan. Alasannya, karena sunat yang dilakukan dengan metode konvensional, bisa mengganggu aktivitas puasa, terutama sunat pada anak-anak. Namun, itu cerita zaman dulu. Saat ini, ayah bunda bisa melakukan sunat untuk si kecil tanpa mengganggu aktivitas ibadah puasa yang mereka lakukan.

Penggunaan metode sunat modern jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan metode sunat konvensional. Sunat modern bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, hanya hitungan menit. Selain itu, prosesnya juga jauh lebih nyaman dengan rasa sakit minimal. Keuntungan yang paling utama dari sunat modern dibandingkan sunat konvensional adalah kenyamanan saat sunat dan mempermudah proses perawatan.

Tidak hanya itu, sunat yang dilakukan dengan metode modern juga memungkinkan anak beraktivitas sehari-hari secara normal. Mereka tetap bisa bergerak bebas menggunakan celana. Situasi tersebut sangat kontras dengan persepsi yang telah berkembang selama ini yang mengharuskan anak mengenakan sarung atau celana batok, yang justru mendukung persepsi negative itu. Bahkan, pemilihan metode sunat modern tertentu, membuat si kecil bisa mandi atau bermain air seperti biasa.

Pilihan Metode Sunat Modern yang Bisa Dilakukan saat Bulan Puasa

Ayah bunda bisa menemukan 3 pilihan metode sunat modern yang dapat dipilih direkomendasikan untuk anak atau dewasa saat bulan puasa. Dengan kenyamanan saat sunat dan pemberian pereda nyeri suppositoria (lewat dubur), maka puasa dapat tetap berlanjut.

Tiga opsi metode sunat tersebut adalah:

  1. Sunat smart klamp

Pertama, ayah bunda bisa memilih untuk menggunakan metode sunat smart klamp untuk buah hati. Dibandingkan dengan metode yang lain, smart klamp merupakan teknik yang mutakhir. Pelaksanaan sunat dengan metode smart klamp dilakukan dengan menggunakan alat yang tersedia dalam berbagai ukuran, direkomedasikan untuk bayi hingga anak sebelum pubertas.

Proses sunat smart klamp hanya perlu waktu selama 5 menit. Setelah sunat, ayah bunda tidak akan mendapati pemakaian perban pada alat vital anak. Anak pun bisa mengenakan celana dan bahkan mandi secara normal, karena alat vital terlindungi oleh smart klamp.

  1. Sunat stapler

Metode sunat modern selanjutnya adalah sunat stapler. Dalam pelaksanaannya, metode sunat ini dilakukan dengan pemakaian alat yang disebut stapler. Sunat ini, seperti halnya sunat klamp, bisa dilakukan dalam waktu singkat dan pendarahan yang minim. Selain itu, sunat stapler juga bisa dilakukan dengan tanpa menggunakan jahitan layaknya sunat konvensional.

Sunat stapler menjadi jenis metode sunat yang direkomendasikan untuk dewasa dan anak yang telah pubertas. Namun, ayah bunda juga bisa pula memanfaatkan metode ini untuk sunat anak. Apalagi, pelaksanaan sunat stapler berlangsung singkat dan luka yang ditimbulkan juga bisa sembuh dalam waktu relatif singkat. Tidak hanya itu, anak bisa beraktivitas secara normal setelah pelaksanaan sunat.

  1. Sunat kauter (laser)

Pilihan metode sunat modern yang pertama adalah sunat laser atau sunat kauter. Dalam penerapannya, sunat kuater dilakukan dengan menggunakan lempengan besi tipis yang panas. Dalam kondisi panas, lempengan besi tersebut terlihat berwarna merah sehingga memiliki tampilan seperti sinar laser. Selanjutnya, lempengan tersebut digunakan untuk memotong bagian kulup.

Sunat laser memberi rasa nyaman kepada si kecil karena proses sunat yang minim pendarahan. Proses pengerjaannya juga berlangsung singkat, kurang lebih 20 menit. Hasil sunat yang dilakukan dengan metode laser juga terlihat lebih rapi. Selain itu, luka sunat dapat sembuh hanya dalam waktu kurang lebih satu minggu. Proses penyembuhan bisa lebih cepat kalau ayah bunda menjaga agar anak terlalu banyak beraktivitas.

 Ayah bunda bisa memilih satu dari tiga metode sunat modern tersebut. Untuk mendapatkan pilihan metode yang tepat, ayah bunda perlu mempertimbangkan saran dari dokter berpengalaman. Untuk mendapatkan saran serta layanan yang terbaik, ayah bunda bisa menggunakan layanan klinik Sunat123. Di Sunat123, para tenaga kesehatan yang terlibat telah berpengalaman dan mampu menjalankan berbagai metode sunat modern dengan lancar.

Terakhir diubah pada Senin, 16 Maret 2020 11:10
Triwahyudi ZE, dr, MARS

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi