Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Supaya Tenang, Ajarkan Anak Berdoa dan Berzikir Selama Disunat

Serba - serbi Sabtu, 13 Oktober 2018 06:13
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Supaya Tenang, Ajarkan Anak Berdoa dan Berzikir Selama Disunat sunat123.com - Supaya Tenang, Ajarkan Anak Berdoa dan Berzikir Selama Disunat

Tradisi sunat pada laki-laki dapat dilaksanakan pada saat bayi atau pun ketika anak-anak. Sunat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, sunat juga merupakan bagian dari kebudayaan dan tradisi religius, khususnya umat Islam. Tujuan pelaksanaan sunat dalam agama Islam adalah untuk mencapai kesucian seperti yang telah diajarkan melalui Rasullulah Muhammad SAW.

Rasullulah SAW bersabda, “Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku,” (HR Bukhari Muslim). Jadi, sangat jelas bahwa di dalam sabda tersebut terkandung alasan kuat untuk melaksanakan sunat. Bukan hanya sebagai media penyucian diri, tetapi juga sebagai bukti tunduknya seseorang pada ajaran agama yang dianut.

Dari sudut pandang kesehatan, sunat sangat penting. Bagaimana tidak, bagian kulup penis yang dibuang sebenarnya adalah tempat mengendapnya kotoran. Jika tidak disingkirkan, smegma atau endapan tersebut akan bertahan dan dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan pada pria. Bukan hanya pada pria, tetapi juga pada pasangan wanitanya.

Tips Supaya Sunat Tidak Menakutkan

Prosedur bedah yang dilakukan pada praktik sunat tak ayal membuat banyak orang takut dan khawatir. Apalagi anak-anak kecil yang pasti belum pernah mengalami prosedur tersebut. Membayangkan pisau bedah yang mengiris kulit tentu adalah sesuatu yang menegangkan.

Nah, tugas orangtua adalah untuk memastikan anak dapat menjalani prosedur tersebut dengan tenang dan nyaman. Sesungguhnya, jika persiapan sunat telah sempurna, anak pasti tidak akan merasakan sakit berlebihan. Untuk itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan, yaitu:

  1. Memberikan pemahaman kepada anak
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan pemahaman yang tepat kepada anak. Sampaikan bahwa sunat merupakan salah satu tanda kepatuhan terhadap agama. Selain itu, sunat juga penting bagi kesehatan jangka panjangnya. Pemahaman ini mungkin tidak akan tercapai dalam sekejap. Orangtua perlu memiliki kesabaran hingga anak benar-benar mengerti.
  2. Mencari klinik sunat yang tepat
    Salah satu cara untuk menghilangkan ketakutan dan kekhawatiran akan proses sunat adalah dengan mencari klinik sunat yang tepat. Memilih tenaga medis yang berpengalaman adalah bagian di antaranya. Dengan cara ini, orangtua dapat mulai membangun kepercayaan anak sehingga belajar untuk tidak khawatir dan takut.
    Salah satu klinik yang menawarkan metode sunat modern adalah klinik Sunat 123. Ada beragam metode yang bisa dipilih sesuai kenyamanan anak. Para tenaga medis yang menangani sunat pun sudah berpengalaman dan terlatih. Jadi, kualitasnya tak perlu diragukan lagi.
  3. Mengajak anak untuk mempersiapkan diri dengan baik
    Setelah mengetahui segala manfaat positif dari sunat, akan mudah untuk mengajak anak mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu tips yang tidak boleh dilupakan adalah dengan mengajari anak melantunkan doa khitan serta zikir selama proses sunat berlangsung.

Doa adalah bentuk komunikasi dengan Sang Pencipta. Sementara itu, zikir adalah puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang. Zikir bisa diucapkan secara nyaring, bisa juga dalam hati.
Ada beberapa manfaat zikir, yaitu :

  • Pertama, dapat mendatangkan pertolongan dari Allah. Keyakinan ini tentu akan semakin menenangkan.
  • Kedua, zikir juga dapat mendatangkan pahala dan ampunan yang besar.
  • Ketiga, zikir akan mendatangkan ketenteraman hati.

Itulah sebabnya, zikir sangat tepat dilakukan ketika sedang menjalani sunat. Oleh karena itu, orangtua dapat mulai mengajari anak untuk berzikir dengan memberi contoh sebelum hari pelaksanaan sunat.
Nah, demikian tips menenangkan anak selama proses sunat berlangsung, termasuk mempersiapkan diri dengan doa khitan. Selamat mencoba.

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123