Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Sunat 123 – Doa Walimatul Khitan

Serba - serbi Kamis, 11 Oktober 2018 11:40
Nilai butir ini
(6 pemilihan)
sunat123.com - doa walimatul khitan sunat123.com - doa walimatul khitan

Masyarakat Indonesia punya beragam cara untuk memperingati acara khitanan buah hatinya. Ada yang melaksanakan prosesi adat lengkap dengan arak-arakannya, ada pula yang lebih memilih mengadakan syukuran yang diisi dengan ceramah dan doa walimatul khitan.

Karena bagi umat Islam khitan merupakan bagian dari perintah agama, perayaan khitan sudah sepatutnya diisi dengan acara yang mampu menjadi momen refleksi diri agar lebih dekat kepada yang Mahakuasa. Namun, tampaknya masih banyak dari kita yang belum tahu doa walimatul khitan serta tata cara peringatan khitanan secara syari. Bagi yang belum tahu, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Doa Walimatul Khitan

Doa yang sering dibacakan pada acara walimatul khitan berisi harapan agar si anak yang dikhitan tumbuh menjadi pribadi yang saleh dan bermanfaat bagi sesamanya. Adapun lafadz doa walimatul khitan adalah:

اَللهم وَفِّقْنَا ِلاجْتِلاَبِ الْفَضَائِلِ وَجَنِّبْنَا مِنْ اِقْتِرَاحِ الرَّذَائِلِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْذَارَنَا وَسَلِّمْ اُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ مَخْتُوْنَنَا وَاقْضِ دُيُوْنَنَا وَبَلِّغْ اَمَالَنَا وَوَسِّعْ اَرْزَاقَنَا وَجُوْدِكَ يَاجَوَّادُ. اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ السَّلاَمَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَجْمَعِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ اِنَّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ يَا نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya:
Ya Allah, berikanlah kami pertolongan untuk memperoleh keutamaan-Mu, serta jauhkan kami dari perbuatan hina. Ya Allah, terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah sakit kami karena khitan ini, bayarkanlah utang-utang kami, wujudkanlah cita-cita kami, serta lapangkanlah rezeki kami, wahai Zat Yang Maha Memberi. Ya Allah, semoga Engkau memberikan keselamatan kepada kami, orang-orang yang menunaikan ibadah haji, orang-orang yang berperang di jalan-Mu, serta kepada para musafir, yaitu umat Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam, baik yang ada di darat maupun di laut. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas apa yang Engkau kehendaki, wahai sebaik-baik majikan dan sebaik-baik penolong. Mahasuci Allah, Tuhan yang memiliki kesucian dan segala sifat rendah yang mereka (orang kafir) sematkan. Dan kesejahteraan bagi para utusan Allah. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan Semesta Alam.

Hukum Melaksanakan Walimatul Khitan

Hukum khitan dalam Islam adalah wajib, tapi untuk perayaan walimah khitan sendiri masih terdapat perdebatan di kalangan ulama. Sebagian ulama membolehkan peringatan walimah khitan, sebagian lainnya memfatwakan makruh. Ada pula ulama yang memfatwakan mubah sebab walimah khitan dapat menjadi wujud syukur kepada Allah dan kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

Secara istilah, kata walimah memiliki arti yang mirip dengan kenduri dalam bahasa Indonesia. Istilah walimah lebih familier digunakan dalam menggambarkan pesta pernikahan. Bagi masyarakat Arab, walimah khitan lebih dikenal dengan nama a’dzar.

Peringatan walimah khitan baiknya dilakukan secara sederhana sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Taala. Hindari kesan bermewah-mewahan dan perbanyaklah memberikan sedekah bagi tetangga atau orang-orang yang membutuhkan. Yang paling penting, jadikanlah walimah khitan sebagai ajang untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah serta momen untuk berbagi rezeki kepada saudara, tetangga, dan kerabat.

Selain menggelar walimah khitan, Anda pun perlu menanamkan pemahaman bahwa khitan merupakan bentuk ketakwaan umat kepada Sang Pencipta. Bimbinglah anak agar senantiasa menjaga kehormatan serta kepercayaan orang tuanya saat memasuki gerbang kedewasaan.

Tanggung jawab orang tua tidak hanya mendidik anaknya dalam memasuki fase kedewasaan. Pastikan juga Anda memilih tenaga profesional dan dapat dipercaya untuk mengkhitan buah hati. Untuk urusan khitan yang aman, nyaman, dan tepercaya, serahkah pada sunat123.com. Sunat123.com merupakan pusat khitan yang ditangani dokter umum dan bedah profesional. Fasilitas dan alat kesehatan yang digunakan di klinik terjamin mutu dan higienitasnya. Anda pun dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan di klinik untuk mendapatkan solusi penanganan khitan yang terbaik untuk buah hati.

 

 

Terakhir diubah pada Kamis, 11 Oktober 2018 15:34

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung (Segera Dibuka)
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri, Kec. Cikarang Barat
Kab. Bekasi. Jawa Barat