Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Perawatan Pasca Sunat Pada Bayi yang Dianjurkan oleh Dokter Sunat 123 Cibitung

Artikel Kesehatan Selasa, 02 Februari 2021 09:54
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
Sunat 123 - Perawatan Pasca Sunat Sunat 123 - Perawatan Pasca Sunat

Sunat pada anak sering kali menimbulkan rasa khawatir pada orang tua. Namun, rasa khawatir bisa dikesampingkan jika Ayah Bunda telah mempercayakan sunat anak pada ahli kesehatan yang andal dan profesional.

Bagi yang tinggal di wilayah Bekasi, misalnya, bisa datang ke dokter sunat Cibitung yang berlokasi di Jl. Teuku Umar No. 22, Kelurahan Telaga Asri, Kecamatan Cikarang Barat. Selain itu, klinik Sunat 123 juga ada di Jakarta Pusat dan di Medan.

Dokter sunat yang praktik di klinik Sunat 123 ini telah memiliki pengalaman yang sangat banyak dalam menangani pasien, baik bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Bukan hanya membantu pada saat proses sunat, tetapi juga pasca pembedahan. Perawatan pasca sunat memang tidak boleh diabaikan. Nah, berikut beberapa hal yang bisa Ayah Bunda lakukan.

Selalu Menjaga Kebersihan

Hal paling penting yang perlu dilakukan oleh orang tua setelah bayi disunat adalah selalu menjaga kebersihan bagian vital dan area di sekitarnya. Tujuannya untuk mencegah terjadinya infeksi. Risiko infeksi pada bekas luka bisa terjadi jika popok sekali pakai yang digunakan bayi jarang diganti.

Supaya tetap bersih, seringlah mengganti popok bayi. Saat mengganti popok atau saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan bagian vital dan area sekitarnya dengan air hangat dan sabun. Setelah itu, lap kembali dengan kain yang lembut atau kapas hingga kering.

Gunakan Celana Longgar

Selanjutnya, Dr. Shinta, seorang dokter sunat Cibitung, Cikarang, Bekasi, juga menyarankan untuk mengenakan celana longgar pada anak pasca sunat. Gunanya adalah agar bekas luka tidak tertekan secara berlebihan. Sesekali, Ayah Bunda juga bisa membiarkan penis bayi terbuka sehingga luka lebih cepat kering.

Gunakan Obat Pereda Nyeri

Untuk mengatasi nyeri yang dirasakan oleh bayi setelah pembedahan, Ayah Bunda bisa memberikan obat pereda nyeri. Tentu saja, lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sunat Cibitung yang melakukan tindakan sunat pada bayi. Dengan demikian, dokter bisa memberikan resep yang sesuai dengan kondisi bayi.

Karena belum bisa mengungkapkan rasa tidak nyaman atau sakit yang dirasakannya, bayi biasanya mengekspresikan diri dengan rewel atau sering menangis. Jika ini terjadi, Ayah Bunda tidak perlu khawatir berlebihan. Segera kontak dokter untuk mendapatkan resep yang tepat.

Lakukan Kontrol Berkala

Hal lainnya yang perlu dilakukan Ayah Bunda setelah bayi menjalani sunat adalah mengunjungi dokter untuk mengontrol proses penyembuhan luka. Dokter akan melihat apakah luka sunat benar-benar mengering dan bebas dari infeksi.

Biasanya, luka sunat akan sembuh dalam jangka waktu 7-10 hari. Apabila luka belum juga mengering dan justru memperlihatkan tanda-tanda yang tidak lazim, segera kontak dokter. Dengan demikian, penanganan lebih lanjut dan intensif bisa dilakukan.

Beri Asupan Nutrisi yang Cukup

Proses pemulihan juga tak terlepas dari kesehatan bayi secara keseluruhan. Karena itu, tetap berikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Kadang kala karena merasa kurang nyaman, bayi mungkin tidak mengonsumsi makanan secara optimal. Tugas orang tua adalah memastikan ia tetap nyaman meskipun dalam kondisi pasca sunat.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Ayah Bunda setelah bayi menjalani sunat.  Tetap berkonsultasi pada dokter sunat Cibitung jika terjadi komplikasi apa pun sehingga bisa ditangani sejak dini.

 

 

Terakhir diubah pada Selasa, 02 Februari 2021 10:04
Dr. Masyud

Dokter Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi