Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Kapan Orang Tua Harus Ngeh Ada Gangguan Perkembangan Anak

Artikel Kesehatan Selasa, 27 Agustus 2019 10:27
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - Kapan Orang Tua Harus Ngeh Ada Gangguan Perkembangan Anak sunat123.com - Kapan Orang Tua Harus Ngeh Ada Gangguan Perkembangan Anak

Setiap orang tua perlu memperhatikan tumbuh kembang balita kesayangan secara seksama. Apalagi, masa 2 tahun pertama anak ( 1000 hari pertama sejak awal kehamilan), adalah momen penting bagi pertumbuhan otak mereka. Para ahli pun banyak yang menyebut momen ini sebagai usia emas. Oleh karena itu, ayah bunda perlu memastikan bahwa anak mengalami gangguan perkembangan pada masa usia emas itu.

Hanya saja, banyak orang tua yang kerap tidak mengerti bahwa anak ternyata mengalami gangguan dalam masa perkembangannya. kondisi tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan terhadap pola tumbuh kembang balita. Padahal, deteksi dini terhadap gangguan pada perkembangan anak, membuat ayah bunda bisa memberi perlakuan ataupun terapi yang tepat.

Pemeriksaan ada tidaknya gangguan pada perkembangan anak tidak harus dilakukan oleh dokter. Ayah bunda juga dapat melakukannya sendiri dengan mengamati tingkah polah si kecil. Ada beberapa kriteria yang perlu ayah bunda perhatikan dalam menilai ada tidaknya gangguan pada tumbuh kembang anak, yakni:

Anak usia di bawah 1 tahun

  1. Mata anak tidak mengikuti pergerakan objek yang ada di depannya. Secara normal, anak yang berusia 3 bulan, memiliki kecenderungan untuk memandang objek bergerak di depannya.
  2. Tidak menunjukkan respons terhadap suara, terutama ketika anak berusia 7 bulan.
  3. Tidak memperlihatkan upaya untuk menggenggam ataupun meraih benda-benda yang ada di depannya.
  4. Anak terlihat kurang memperlihatkan senyum atau tawa ketika mencapai usia 6 bulan.

Anak usia 12 bulan

  1. Anak usia satu tahun seharusnya bisa mengucapkan satu kata, misalnya "ibu", "mama", atau "papa".
  2. Belum bisa merangkak ataupun berdiri.
  3. Tak memperlihatkan respons ketika ada seseorang yang memanggil namanya.
  4. Tidak menunjukkan perilaku ketertarikan pada benda-benda di sekitar, baik dengan cara menunjuk ataupun mencari objek tertentu.

Anak usia 18 bulan

  1. Anak usia 18 memiliki kemampuan yang lincah, dapat berlari secara lancar tanpa terjatuh. Cermati apakah si kecil sering terjatuh ketika berlari.
  2. Anak tak mampu mengucapkan namanya sendiri.
  3. Kosakata yang minim. Anak usia 18 bulan, setidaknya mengetahui setidaknya 10 kata yang sering digunakan.

Anak usia 24 bulan

  1. Kemampuan motorik anak usia 24 bulan mengalami peningkatan pesat. Anak tidak hanya bisa berlari, tetapi juga mampu melompat menggunakan dua kakinya secara bersamaan.
  2. Anak punya kesulitan untuk mengetahui fungsi benda-benda yang biasa digunakan sehari-hari, seperti sisir, tutup botol, sendok, dan semacamnya.
  3. Anak kesulitan dalam meniru kata-kata atau mengikuti petunjuk sederhana.
  4. Anak tidak dapat menyebutkan 6 bagian tubuh.

Itulah faktor-faktor yang perlu ayah bunda perhatikan terkait masa tumbuh kembang balita. Selain itu, ayah bunda juga perlu mempertimbangkan untuk menyunatkan buah hati ketika masih berusia balita.
Ayah bunda tak perlu bingung dalam mencari tempat sunat yang tepat untuk anak. Dengan memanfaatkan layanan sunat anak dan sunat bayi dari Sunat123, hasil sunat yang didapatkan bakal terlihat memuaskan. Ayah bunda dapat memilih deretan metode sunat canggih yang dapat dilakukan dengan rasa sakit minim dan luka cepat kering. Dengan begitu, anak tetap bisa beraktivitas nyaman setelah sunat.

dr. Wira Febrisandi Irsan

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123