Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Mengadakan Undangan Khitanan

Serba - serbi Sabtu, 08 Desember 2018 07:02
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123 - undangan khitanan sunat123 - undangan khitanan

Berdasarkan ajaran Islam, setiap laki-laki diwajibkan untuk berkhitan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan penis. Dalam praktiknya, khitan di Indonesia mayoritas dilakukan ketika anak masih berada dalam usia Sekolah Dasar hingga SMP. Setelahnya, biasanya Ayah dan Bunda akan mengadakan undangan khitanan yang sampai saat ini masih menjadi tradisi dan kebiasaan masyarakat Indonesia.

Meski begitu, tidak mudah bagi Ayah dan Bunda menyiapkan acara tasyakuran sang buah hati. Tentu ada beberapa hal yang harus disiapkan agar acara tasyakuran atau walimah khitanan anak berjalan dengan lancar. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Biaya

Poin satu ini menjadi yang utama yang perlu Ayah dan Bunda perhatikan. Tak jarang, orang tua akan menggelar pesta yang cukup meriah ketika sang buah hati berkhitan. Supaya Ayah dan Bunda tidak terbebani dengan biaya tasyakuran Si Kecil setelah khitan, sebaiknya siapkan anggaran ini jauh-jauh hari.

Memang, keinginan anak untuk berkhitan tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Bisa saja hal tersebut datang dari dirinya sendiri, bisa juga Ayah dan Bunda yang membujuknya. Nah, untuk mengantisipasi keinginan berkhitan Si Kecil yang mendadak, persiapan biaya jauh sebelum waktunya tentu akan lebih meringankan Ayah dan Bunda nantinya.

2. Konsep Acara

Ada banyak konsep acara undangan khitanan yang Ayah dan Bunda pilih. Namun, apapun konsep acara yang dipilih nantinya, sesuaikan dengan bujet anggaran yang Ayah dan Bunda miliki, ya!. Jangan sampai berlebihan karena ini justru akan memberatkan Ayah dan Bunda dalam mencari biaya yang harus dikeluarkan. Lebih baik lagi jika Ayah dan Bunda sendiri yang menyusun konsep acaranya. Jangan lupa untuk memasukkan doa bersama dalam konsep dan susunan acara yang Ayah dan Bunda buat.

3. Jumlah Tamu Undangan

Selain biaya dan konsep acara, jumlah tamu juga harus Ayah dan Bunda perhatikan. Bukan tanpa alasan, karena banyaknya tamu yang akan diundang juga memengaruhi besarnya biaya yang akan Ayah dan Bunda keluarkan nantinya. Baik sekali bila Ayah dan Bunda membuat daftar list tamu yang akan diundang.

Pada dasarnya, tasyakuran khitanan merupakan acara yang tidak membutuhkan banyak tamu dan prosedur, tidak seperti ketika Ayah dan Bunda menggelar pesta pernikahan. Oleh karena itu, jumlah tamu undangan pun bisa dibatasi, seperti sebatas pada keluarga dan kerabat atau tetangga dekat.

4. Konsumsi

Acara syukuran tidak pernah lepas dari makan-makan. Tentunya, Ayah dan Bunda perlu menyiapkan konsumsi, bisa memasak sendiri atau langsung menggunakan jasa katering. Sebaiknya, jumlah konsumsi yang disediakan sedikit melebihi jumlah tamu undangan khitanan untuk menghindari terjadinya kekurangan. Bukan tidak mungkin tamu yang datang membawa anak atau pasangan. Sebagai perhitungan , Ayah dan Bunda dapat mengkali tiga jumlah porsi makan yang akan disediakan dengan jumlah tamu undangan. Misalnya bila tamu yang akan diundang adalah 50 orang maka sebaiknya Ayah dan Bunda mempersiapkan 150 porsi untuk dihidangkan.

Adapun jenis konsumsi yang disiapkan bisa bervariasi, mulai dari tumpeng sederhana, jajanan pasar sebagai makanan pembuka, juga makanan prasmanan sebagai hidangan inti. Jika memiliki bujet berlebih, akan lebih baik jika konsumsi disediakan dari hasil menyembelih seekor kambing, seperti apa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam ajaran Islam.

5. Waktu dan Tempat

Hal terakhir yang perlu dipersiapkan adalah waktu dan tempat. Biasanya, acara syukuran digelar pada akhir pekan menjelang waktu makan siang. Namun, jika konsep acara adalah sederhana, waktu dan tempat bisa menyesuaikan, seperti ketika pengajian rutin di rumah selepas waktu magrib. Waktu pelaksanaan tidak harus pada hari ketika anak disunat, tetapi dapat menyesuaikan dengan kesempatan yang Ayah dan Bunda miliki.

Demikian tadi ulasan mengenai apa saja yang perlu Ayah dan Bunda siapkan kala hendak menggelar undangan khitanan sang buah hati. Pastikan khitan anak lancar dengan memilih klinik yang tepat, yaitu di Sunat123. Klinik Sunat123 menawarkan beragam metode sunat modern yang dilakukan oleh dokter bedah berpengalaman. Didukung dengan fasilitas dan ruangan yang ramah anak, proses khitan pun jadi lebih lancar.

 

Terakhir diubah pada Sabtu, 08 Desember 2018 07:35

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123