Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Bolehkah Ereksi setelah Sunat Dewasa?

Artikel Kesehatan Sabtu, 09 Maret 2019 15:21
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - Bolehkah ereksi setelah sunat dewasa ? sunat123.com - Bolehkah ereksi setelah sunat dewasa ?

Khitan atau sunat umumnya dilakukan saat masih kanak-kanak. Namun, tidak sedikit juga laki-laki yang menjalani proses sirkumsisi ketika dirinya sudah dewasa karena faktor tertentu, misalnya baru menjadi mualaf saat sudah memasuki usia baligh.

Nah, persoalan yang paling sering dialami mereka yang melakukan sunat dewasa adalah mengenai boleh tidaknya ereksi pasca khitan. Karena bagaimanapun hal ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan seksual bersama pasangan.

Kapan Boleh Ereksi setelah Sunat Dewasa?

Ereksi terjadi ketika aliran darah berkumpul pada penis, sehingga menyebabkan alat kelamin menjadi tegang dan ukurannya membesar. Ereksi merupakan proses alami yang dialami penis seorang apabila mendapatkan rangsangan, baik rangsangan visual, verbal , atau pun taktil. Pada saat bangun tidur, biasa pria akan mengalami ereksi, makin penuh kandung kemih makin kuat dan lama pula ereksi yang dialaminya. Maka dari itu sangat dianjurkan pria dewasa yang habis khitan untu mengurangi porsi minumnya di malam hari, usahakan buang air sebelum tidur, dan pasang alarm agar bisa bangun pada saat dini hari agar kandung kencing tidak terlalu penuh dan pada saat bangun tidur ereksinya tidak terlalu kuat dan lama. Apabila ereksi tetap terjadi si pasien bisa melakukan korek telinga untuk mengalihkan reaksi dari ereksinya.

Ereksi setelah khitan bisa menimbulkan nyeri, lepas jahitan, sampai terjadi perdarahan.

Selain itu, Anda juga dilarang berhubungan intim sampai luka benar-benar sembuh. Melakukan seks saat kondisi penis belum pulih total berisiko menimbulkan HIV, sebab luka terbuka semacam ini riskan menjadi media penularan virus. WHO sendiri menganjurkan menghindari ereksi dan berhubungan badan selama 4w hari atau 6 minggu sampai luka betul-betul sembuh. Namun dari pengalaman di tempat khitan kami, untuk aman melakukan hubungan badan bisa lebih singkat, biasanya cukup hanya satu bulan saja.

Prinsipnya hindari ereksi yang terlalu sering, terlalu sering ereksi pasca khitan akan membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama.


Tips Agar Cepat Sembuh setelah Disunat

Selain rajin mengonsumsi obat pereda nyeri yang diberikan dokter, berikut beberapa tips yang wajib Anda terapkan agar cepat sembuh setelah berkhitan.

  • Jaga Kebersihan Penis

    Menjaga kebersihan penis adalah hal pertama yang wajib Anda lakukan jika ingin cepat sembuh setelah sunat dewasa. Segera cuci dengan air hangat ketika mandi atau usai buang air kecil, lalu tepuk-tepuk pelan dengan kain yang bersih dan kering.
    Jangan sampai area kelamin lembap karena ini akan menyebabkan luka tak kunjung kering. Penggunaan sabun untuk membersihkan area penis hanya diperbolehkan jika produk tersebut tidak memiliki kandungan pewangi maupun antiseptik dalam kadar yang tinggi.

  • Pakai Celana yang Longgar

    Untuk mempercepat proses penyembuhan, hindari mengenakan celana/celana dalam yang terlalu ketat. Selain kurang nyaman dipakai, celana yang ketat juga akan menyebabkan terhambatnya sirkulasi udara dan darah ke area kelamin, sehingga luka lebih lama sembuh.
    Gunakan jenis pakaian dan celana yang longgar, seperti sarung. Anda juga bisa mengenakan celana dalam khusus khitan yang kini sudah banyak beredar di pasaran.

  • Hindari Makanan Pemicu Alergi

    Hati-hati dengan pola makan Anda setelah melakukan sunat dewasa. Jika Anda mengidap alergi terhadap makanan tertentu, hindari sedapat mungkin agar tidak timbul gatal-gatal yang menyebabkan luka sukar sembuh.
  • Gerak Ringan

    Umumnya orang akan lebih banyak berbaring usai disunat. Hal ini memang disarankan karena istirahat cukup pascakhitan sangat diperlukan demi mempercepat proses penyembuhan. Namun, tetap imbangi dengan aktif bergerak ya, misalnya jalan kaki ringan dari ruangan satu ke ruang lain di rumah.
    Selain melemaskan otot yang kaku, gerak aktif juga akan membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh, terutama pada bagian kelamin, sehingga luka sunat bisa sembuh lebih cepat.

Pada dasarnya, lama tidaknya proses pemulihan setelah khitan juga tergantung bagaimana perawatannya. Jika Anda membutuhkan rekomendasi tempat sunat dewasa di sekitar Jakarta, sunat123.com adalah pilihan yang tepat.
Selain menawarkan beragam layanan sunat dengan metode yang modern, klinik ini diisi oleh tenaga medis profesional yang berpengalaman di bidangnya—dengan ditunjang fasilitas yang sangat lengkap. Jadi, tunggu apa lagi? Percayakan kebutuhan sunat dewasa Anda pada sunat123.com!

dr. Iman Hilmansyah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123