Sunat Dewasa Metode Stapler Bukan Hanya Untuk Orang Muslim, Nonmuslim Bisa Juga Lho! Featured

Artikel Kesehatan Wednesday, 20 April 2022 08:52
Rate this item
(0 votes)
Sunat 123 - Sunat Dewasa Metode Stapler Sunat 123 - Sunat Dewasa Metode Stapler

Faktanya, tradisi sunat dewasa banyak dilakukan oleh masyarakat dunia, tidak terbatas hanya umat Islam. Manfaatnya untuk kesehatan juga sangat banyak, lho!

Banyak orang yang berpikir kalau sunat dewasa hanya ditujukan untuk umat muslim. Apalagi, ajaran Islam memang mewajibkan bagi setiap laki-laki melaksanakan sunat. Namun, tahukah anda kalau orang nonmuslim bisa pula menjalankan praktik ini. Bahkan, sunat merupakan tindakan yang sangat dianjurkan oleh World Health Organization (WHO). 

Fakta! Tradisi Sunat Tidak Hanya untuk Pemeluk Agama Islam

 Hal pertama yang perlu kamu pahami, tradisi sunat bukan hanya menjadi kebiasaan seorang muslim. Pada kenyataannya, banyak pula golongan selain orang-orang Islam yang mempraktikkan sunat, di antaranya adalah: 

1. Pemeluk Agama Yahudi

 

Selain muslim, orang-orang dari Agama Yahudi adalah golongan yang mempunyai tradisi sunat. Orang-orang Yahudi punya kebiasaan melaksanakan sunat ketika berusia bayi, tepatnya 8 hari. Meski, tidak menutup kemungkinan kalau ada pula pemeluk Yahudi yang memilih untuk melaksanakan sunat dewasa metode stapler. 

2. Mesir Kuno

 

Menurut berbagai peninggalan sejarah, masyarakat Mesir Kuno juga merupakan golongan orang yang mempraktikkan tradisi sunat. Proses pelaksanaan sunat tersebut berlangsung ketika memasuki usia dewasa. Hanya saja, praktik sunat dewasa yang dilakukan oleh masyarakat Mesir Kuno berlaku secara terbatas hanya untuk kalangan elite. 

3. Masyarakat Jawa

 

Budaya Jawa juga mengenal tradisi sunat yang dikenal dengan istilah supitan. Dalam pandangan masyarakat Jawa, tradisi supitan merupakan proses penting yang harus dilewati oleh setiap laki-laki. Pelaksanaannya bersifat wajib sebelum memasuki menginjak dewasa. 

Tradisi supitan menjadi salah satu bentuk akulturasi antara budaya Jawa dengan tradisi Islam. Meski begitu, kebiasaan ini berkembang secara luas tidak hanya mencakup masyarakat Jawa yang beragama Islam, tetapi juga berlaku untuk orang-orang Jawa nonmuslim. 

Manfaat Sunat Dewasa Bagi Kesehatan

 

Terlepas dari adanya batasan budaya dan tradisi tersebut, sunat merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan. Para praktisi kesehatan dunia banyak yang menyarankan pelaksanaan sunat dewasa ataupun sunat anak. Anda pun punya pertimbangan untuk menggunakan sunat dewasa metode stapler atau yang lain. 

Ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari pelaksanaan sunat, di antaranya adalah: 

1. Mengurangi Risiko Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

 

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika terdapat infeksi pada organ dalam sistem kemih. Gangguan kesehatan ini sangat berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan kerusakan fungsi ginjal secara permanen. Dalam sebuah studi, mereka yang menjalani sunat punya risiko terserang Infeksi Saluran Kemih (ISK) lebih rendah dibandingkan orang-orang yang belum sunat.

2. Risiko Penyakit Kanker Penis Berkurang

 

Risiko penyakit kanker penis dapat pula berkurang lewat pilihan sunat dewasa metode stapler. Apalagi, penyakit kanker penis dapat menyerang ketika seseorang tidak bisa menjaga kebersihan alat vital dengan baik. Di sisi lain, sunat dapat membantu upaya menjaga kebersihan penis karena tidak akan ada kotoran yang tersisa dan menempel pada kulup.

3. Pencegahan Radang Penis

 

Risiko peradangan penis dapat pula dihindari ketika melakukan sunat. Dalam istilah medis, peradangan penis dikenal sebagai balanopostitis. Gangguan ini tidak akan muncul saat seseorang melaksanakan sunat. Alasannya, karena peradangan tersebut kerap terjadi pada bagian kulup.

4. Risiko Serangan HIV Berkurang

 

Risiko penularan HIV dapat pula ditekan dengan melaksanakan sunat. Hanya saja, upaya pencegahan tersebut juga harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.

5. Sarana Pencegahan Penyakit Menular  Seks

 

Manfaat terakhir, orang yang telah menjalankan sunat bisa memperoleh manfaat dalam mencegah penyakit seks menular. Contoh penyakit yang termasuk dalam kategori ini di antaranya adalah sifilis dan herpes. 

Nah, sampai di sini Anda bisa memahami kalau sunat dewasa metode stapler adalah bagian dari upaya menjaga kesehatan, bukan hanya tradisi agama. Oleh karena itu, pelaksanaannya tidak terbatas untuk umat muslim, tetapi juga bagi nonmuslim. 

Untuk pelaksanaan sunat dewasa, pastikan Anda memilih layanan klinik sunat tepercaya. Solusi itu bisa Anda dapatkan lewat layanan Klinik Sunat123. Tidak terbatas hanya teknik stapler, ada banyak pilihan metode sunat yang bisa anda pilih, lho!

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi