Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Mengapa Sunat Sebaiknya Dilakukan oleh Dokter?

Artikel Kesehatan Senin, 20 Januari 2020 13:49
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - Mengapa Sunat Sebaiknya Dilakukan oleh Dokter sunat123.com - Mengapa Sunat Sebaiknya Dilakukan oleh Dokter

Sunat atau yang dalam istilah medis dikenal dengan sirkumsisi ternyata tidak hanya dilakukan untuk mematuhi anjuran agama. Ada banyak manfaat medis yang bisa didapatkan dari proses ini. Tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, sunat juga menjadi tren di kalangan pria dewasa. Dan dalam prosesnya, sunat harus dilakukan secara higienis dan aman oleh tenaga dokter sunat berpengalaman.

Berdasarkan penelitian ilmiah, sunat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih, meminimalisir resiko terjadinya kanker penis, selain itu juga penularan penyakit menular seksual seperti condiloma acuminatum (kutil kelamin), Shipilis (Raja Singa),  HIV/AIDS  terutama untuk laki-laki juga bisa diminimalisir dengan khitan.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan, jangan biarkan si kecil melakukan prosedur sirkumsisi di tangan orang yang tidak tepat. Sunat berbiaya terlalu murah dengan tenaga yang tidak jelas kualifikasinya bisa mendatangkan banyak risiko. Ada beberapa alasan kenapa sunat sebaiknya dilakukan oleh dokter yang ahli antara lain:

  1. Bisa Melakukan Konsultasi Terlebih Dahulu

Kondisi setiap anak atau orang dewasa yang akan disunat berbeda-beda. Karena itu, melakukan konsultasi sebelum sunat dilakukan. Oleh dokter, anak akan dilihat kondisinya apakah layak atau tidak untuk disunat. Selain itu kondisi kesehatan tertentu seperti obesitas akan menuntut langkah yang berbeda untuk sunat. Dengan mengetahui kondisi anak, dokter bisa menentukan langkah terbaik agar sunat bisa dilakukan dengan aman dan tanpa risiko.

  1. Prosedur Sunat Dilakukan dengan Peralatan dan Kondisi Terbaik

Sama halnya dengan prosedur medis yang lain, proses sunat harus dilakukan di tempat yang bersih. Ini penting untuk mencegah terjadinya infeksi pasca sunat yang akan membuat proses penyembuhan sunat menjadi lebih lama. Penggunaan peralatan sunat pun harus benar-benar steril dan disesuaikan dengan kondisi anak. Untuk mendapatkan semua layanan itu, Ayah Bunda harus menggunakan jasa dokter sunat yang berpengalaman di Sunat 123.

  1. Proses Penyembuhan Lebih Cepat

Banyak orang tua yang tergiur ingin menyunat anaknya dengan biaya murah. Padahal, kebanyakan sunat dengan biaya murah ini dilakukan bukan oleh tenaga profesional. Proses sunat yang tidak steril, kurang tepat pemotongannya akan mengakibatkan infeksi dan penyembuhan pun bisa berjalan lebih lama dari yang seharusnya. Tidak masalah membayar sedikit lebih mahal daripada harus mengalami komplikasi yang malah akan menelan biaya tambahan lebih banyak lagi.

  1. Jika Ada Masalah, Ayah Bunda Bisa Langsung Mendapat Penanganan

Dalam proses penyembuhan, beberapa masalah bisa saja terjadi. Proses pembersihan yang salah mungkin akan menimbulkan infeksi atau nyeri yang tidak kunjung hilang. Jika keadaan ini terjadi, Ayah Bunda bisa langsung menemui dokter sunat untuk memperoleh penanganan.

Beberapa kondisi lain yang sebaiknya segera mendapatkan penanganan dari dokter antara lain:

  • Keluarnya darah dalam proses sunat adalah hal yang pasti terjadi. Tapi ketika luka sudah mulai mengering namun mendadak darah keluar lagi, ada baiknya Ayah Bunda berkonsultasi dengan dokter
  • Beberapa ciri infeksi yang umum terjadi pada anak setelah sunat adalah demam, keluar nanah dari bekas luka potong, limfadenitis atau pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar selangkangan, serta terus-terusan mengompol
  • Penis bengkak. Dalam proses penyembuhannya, penis akan mengalami proses inflamsi atau peradangan yang ditandai oleh terjadinya terasa hangat di daerah luka, timbulnya warna kemerahan, rasa nyeri di tempat luka, serta pembengkakan atau Tapi kalau merah dan bengkak ini tidak berkurang atau bahkan semakin buruk, artinya anak Ayah Bunda memerlukan perawatan lanjutan dari dokter
  • Tidak buang air kecil lebih dari 12 jam.

Meskipun proses sunat terbilang mudah dan cepat, namun prosedur yang salah bisa mengakibatkan komplikasi. Karena itu, dapatkan layanan khitan terbaik bersama dokter sunat berpengalaman hanya di Sunat 123.

Terakhir diubah pada Senin, 16 Maret 2020 11:09
Triwahyudi ZE, dr, MARS

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi