Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

Masa Karantina Wabah Corona, Lakukan Aktivitas Kreatif di Rumah, Yuk!

Serba - serbi Jumat, 17 April 2020 12:30
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Aktivitas Kreatif di Rumah saat wabah Covid-19 sunat123.com - Aktivitas Kreatif di Rumah saat wabah Covid-19

Di era serba sulit karena wabah corona seperti sekarang, masyarakat dan pemerintah harus melakukan kerjasama dalam melakukan upaya penanggulangan dan pencegahan. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah dengan berdiam diri di rumah dan meminimalkan aktivitas sosial atau berkerumun di tempat umum. Apalagi, saat ini pemerintah juga mendorong kegiatan belajar anak usia sekolah dilakukan dari jarak jauh.

Hanya saja, melakukan karantina dan berdiam diri di rumah selama berhari-hari, tentunya bakal memunculkan rasa bosan. Kebosanan tersebut dapat muncul ketika seseorang hanya melakukan kegiatan monoton, khususnya anak-anak. Oleh karena itu, para orang tua perlu mencoba berbagai aktivitas kreatif bersama si kecil biar masa karantina berlangsung menyenangkan dan lancar.

Sebagai rekomendasi, ada 3 kegiatan menarik dan kreatif yang bisa Anda terapkan di rumah, yaitu:

Minimarket anak

Membangun minimarket untuk anak di rumah jadi ide menarik yang diawali oleh ibu bernama Ling Ling Wibowo yang tinggal di Azerbaijan. Dia mendirikan sebuah minimarket dengan berbagai jenis camilan. Hanya saja, anak tidak bisa menikmati camilan tersebut secara bebas. Ada aturan tertentu untuk bisa mendapatkannya.

Setiap jenis makanan kecil 'dijual' dengan harga tertentu. Menariknya, anak tidak perlu membayar uang untuk bisa mendapatkannya. Sebagai ganti mata uang, Ling Ling Wibowo mendorong si kecil untuk melakukan aktivitas rumah tangga, seperti menyapu, membersihkan kamar mandi, merapikan tempat tidur, dan sebagainya.

Berbagai aktivitas rumah tangga tersebut memiliki nilai tersendiri, dan nilai itulah yang menjadi mata uang untuk membeli camilan di minimarket untuk anak. Penentuan nilainya bebas. Sebagai contoh, ketika anak membaca buku, dia akan memperoleh nilai Rp10.000, merapikan tempat tidur bisa dapat imbalan Rp5.000, dan semacamnya.

Metode minimarket untuk anak ala Ling Ling Wibowo ini punya manfaat besar. Tidak hanya mendorong rasa tanggung jawab anak. Di waktu bersamaan, pendiriannya juga menjadi langkah kreatif di tengah menipisnya persediaan makanan kecil.

Melatih anak berkebun

Cara kreatif selanjutnya adalah dengan mengajak anak untuk berkebun di rumah. Anda dapat memanfaatkan pekarangan kecil yang ada di depan ataupun belakang rumah. Selanjutnya, Anda perlu mendorong si kecil untuk berpartisipasi menyirami tanaman.

Aktivitas berkebun untuk anak bisa menjadi upaya menghilangkan rasa bosan. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana memunculkan rasa tanggung jawab sekaligus momen belajar anak tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Belajar masak bersama

Mengajak si kecil untuk pergi ke area dapur dan belajar memasak bersama juga bisa jadi aktivitas kreatif menyenangkan selanjutnya. Melalui kegiatan ini, Anda dapat mencoba berbagai jenis resep sehat yang nantinya bisa disantap bersama dengan si kecil.

Upaya mengajak si kecil memasak bersama punya manfaat besar bagi perkembangan otaknya. Apalagi, kemampuan memasak dapat mendorong perkembangan pikiran kreatif anak. Ditambah lagi, Indonesia memiliki begitu banyak jenis resep makanan enak dan sehat yang menarik untuk dicoba.

Itulah 3 kegiatan kreatif yang bisa dilakukan orang tua selama masa karantina wabah corona. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak dapat terhindar dari risiko serangan penyakit berbahaya. Apalagi, virus corona dapat menginfeksi siapa saja, baik anak-anak, dewasa, ataupun lansia.

Lalu, bagaimana bila anak Anda ingin sunat? Silahkan lakukan kosultasi terlebih dahulu kepada kami. Kami menyediakan layanan sunat #dirumahsaja. Bagaimana, praktiskan?

Terakhir diubah pada Jumat, 17 April 2020 13:04

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi