Sunat 123 Hadir di Jakarta, Bekasi dan Medan

5 Langkah Pencegahan Corona Virus (Covid-19)

Artikel Kesehatan Kamis, 05 Maret 2020 12:15
Nilai butir ini
(2 pemilihan)

Saat ini dunia sedang terserang wabah virus baru yang telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Virus ini pertama kali ditemukan di wilayah Wuhan Tiongkok yang diperkirakan berasal dari hewan seperti kekelawar. Penyebab wabah virus ini adalah corona virus jenis baru yang disebut Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV) termasuk dalam golongan virus yang sama dengan Severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle East Respirtory Syndrome (MERS).

Corona Virus atau yang dikenal dengan nama COVID-19 dapat menyebar dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia. Penularan ini dapat melalui percikan dahak saat batuk / bersin.

Di bawah ini beberapa langkah pencegahan infeksi virus Corona :

Cuci Tangan

Mencuci tangan dengan benar menggunakan air dan sabun atau jika sulit menemukan air dan sabun dapat menggunakan hand sanitizer.
Cara ini paling sederhana namun efektif mencegah penyebaran virus corona.

Gunakan Masker saat batuk dan pilek

Meski cara ini tidak sepenuhnya efektif mencegah penularan virus corona, namun penggunaan masker tatap dapat menurunkan resiko penyebaran infeksi virus corona.
Pemakaian master ini lebih disarankan kepada orang yang sedang sakit guna mencegah penyebaran virus dan kuman.

Perbanyak konsumsi vitamin

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan serta makanan yang berprotein seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang kuat untuk mencegah munculnya berbagai penyakit.

Hindari tempat keramaian jika tidak penting

Kasus wabah virus corona di dunia saat ini semakin tinggi, organisasi kesehatan dunia WHO menaikan level kesiagaan resiko penularan dan dampak virus corona untuk skala global menjadi maksimal atau sangat tinggi.
Dirjin WHo, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus menghibau untuk menghindari keramaian jika tidak penting terutama untuk kaum lansia karena orang yang sudah lanjut usia disebut lebih rentan tertular virus ini.

Rajin olah raga dan istirahat yang cukup

Dengan rajin berolah raga dan istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah terinfeksi virus atau kuman.

Terakhir diubah pada Senin, 16 Maret 2020 12:03
Triwahyudi ZE, dr, MARS

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi