Tips mengatasi ereksi pasca sunat dewasa Featured

Artikel Kesehatan Monday, 19 December 2022 08:00
Rate this item
(4 votes)
Sunat 123 - Tips cara mengatasi ereksi pasca sunat dewasa Sunat 123 - Tips cara mengatasi ereksi pasca sunat dewasa

Salah satu yang mempersulit masa penyembuhan pasca khitan pada pria dewasa adalah ereksi, baik itu ereksi secara sengaja maupun spontan. Ereksi merupakan keadaan penis menjadi tegang, keras, dan membesar akibat rangsangan tertentu. Pada pria yang baru dikhitan, ereksi pasca sunat bisa menimbulkan rasa nyeri bahkan perdarahan.

Oleh sebab itu, pria dewasa yang baru menjalani operasi sunat wajib cuti ereksi dengan mengurangi segala stimulus yang bisa memicu penis tegang setelah sunat. Cuti ereksi yang dimaksud adalah sebisa mungkin menghindari hubungan intim dengan pasangan minimal selama empat minggu.

Bagaimana Cara Mengatasi Ereksi Pasca Sunat?

Setiap pria dewasa yang baru menjalani sirkumsisi wajib menghindari segala bentuk rangsangan yang mampu menyebabkan ereksi. Seperti berhubungan seksual, masturbasi, gesekan dengan benda tertentu, atau bahkan rangsangan visual, verbal, dan taktil.

Alasannya tetap sama, yakni untuk meminimalkan terjadinya infeksi dan perdarahan. Dengan begitu, penyembuhan sunat dewasa bisa lebih optimal. Untuk mencegah dan mengatasi ereksi pasca khitan, berikut ini beberapa tips yang bisa Ayah Bunda terapkan:

1. Buang Air Kecil Sebelum Pergi Tidur

Ereksi merupakan hal yang sering terjadi pada laki-laki dan hal tersebut normal. Bahkan saat dalam keadaan tidur sekalipun, seorang pria bisa ereksi berulang kali tanpa ia menyadarinya. Yang menjadi masalah adalah jika ereksi tersebut terjadi pasca khitan sehingga menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu tidur pasien.

Dan salah satu penyebab ereksi saat tidur adalah menahan kencing. Kandung kemih yang penuh dapat membuat  penis menegang sehingga menimbulkan ereksi. Makin lama pasien menahan buang air kecil, makin kuat dan lama juga ereksinya.

Maka dari itu, sebaiknya pasien buang air kecil terlebih dahulu setiap sebelum tidur. Usahakan juga untuk mengurangi porsi minum di malam hari guna meminimalkan frekuensi buang air kecil. Tips lainnya adalah memasang alarm pada jam tertentu supaya bisa bangun pada dini hari dan kencing sebelum kandung kemih terlalu penuh.

2. Selalu Jaga Kebersihan

Menjaga agar area penis tetap bersih dan kering juga penting dalam proses penyembuhan sunat dewasa. Jangan biarkan area kelamin lembap karena dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal sehingga pasien lebih mudah mengalami ereksi.

Selain itu, area kelamin yang kotor dan lembap juga bisa menjadi sarang bakteri sehingga meningkatkan risiko infeksi dan luka sunat tidak lekas kering. Terutama setelah buang air kecil, jangan lupa membersihkan area lubang kencing dengan menepuk-nepukkan  kasa steril dan air hangat secara lembut.

3. Hindari Tidur Telentang atau Tengkurap

Untuk mencegah terjadinya ereksi pasca sunat, sebaiknya hindari posisi tidur telentang, tengkurap, atau memeluk guling. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya luka pada kepala penis akibat gesekan dan tekanan yang mungkin bisa terjadi. Sebaiknya, cobalah tidur dengan posisi miring, lutut ditekuk ke arah dalam.

4. Hindari Konsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Gairah Seksual

Sebenarnya, tidak ada pantangan bagi pria dewasa yang baru menjalani operasi sirkumsisi untuk memakan jenis makanan tertentu. Namun, untuk mencegah penis tegang setelah sunat, ada baiknya Ayah Bunda hindari untuk mengonsumsi makanan yang memicu peningkatan libido atau gairah seksual.

Misalnya, kacang-kacangan, apel, daging ikan salmon, dark chocolate, kopi, dan stroberi. Beberapa jenis makanan ini memiliki kandungan dopamin yang tinggi sehingga memicu gairah seksual dan penis menjadi lebih mudah mengalami ereksi. Tentu hal ini akan menghambat proses penyembuhan sunat dewasa.

5. Kenakan Sarung atau Celana Dalam Longgar

Celana dalam yang ketat juga bisa menyebabkan ereksi lantaran sirkulasi darah dan udara di area kelamin jadi terhambat. Gesekan antara kepala penis dengan kain juga dapat memicu penis jadi lebih mudah ereksi. Jadi, ada baiknya gunakan celana dalam longgar atau sarung pasca khitan.

6. Kompres dengan air dingin

Kompres kedua selangkangan dengan botol dingin untuk mengecilkan pembuluh darah agar ereksi tidak terlalu kencang

Itulah beberapa tips mengatasi ereksi pasca sunat dewasa guna mempercepat proses penyembuhan. Jika ereksi sudah dirasa terlalu sering dan mengganggu, coba konsultasikan dengan dokter. Jangan sampai mengonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep dokter karena tidak ada obat khusus untuk mencegah terjadinya ereksi.

Last modified on Friday, 06 October 2023 09:12

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi