Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Sertifikat Kompetensi Sunat Stapler ZSR Tim Sunat 123

Berita Rabu, 04 September 2019 14:06
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Sertifikat Kompetensi Stepler ZSR Tim Sunat 123 sunat123.com - Sertifikat Kompetensi Stepler ZSR Tim Sunat 123

Sunat atau khitan adalah suatu tindakan bedah minor berupa pemotongan kulit kulup yang menutupi kepala penis. Pada zaman dulu sunat kebanyakan dilakukan oleh dukun sunat atau bengkong walaupun kalau diperkotaan tetap dilakukan oleh dokter umum atau dokter bedah kalau di rumah sakit.

Pada awal perkembangannya sunat hanya dilakukan secara manual, dengan teknik ini menimbulkan perdarahan cukup banyak dan memerlukan waktu pengerjaan yang relatif lebih lama. Kemudian sunat berkembang lagi dengan mulai menggunakan couter. Dengan alat ini perdarahan bisa ditekan lebih minimal dan waktu pengerjaan bisa lebih dipersingkat. Sunat manual dan menggunakan couter keduanya tetap menggunakan jahitan, sehingga kalau penjahitan kurang baik bisa menimbulkan bekas jahitan yang ketara bahkan pada beberapa kasus malah menimbulkan luka yang tidak rata atau seperti kelopak bunga.

Sejalan dengan perkembangan zaman, teknologi sunat pun ikut berkembang. Alat sunat dengan sistem jepitan atau klamp atau ring mulai banyak diciptakan. Berbagai negara mulai menciptakan alat-alat sunat klamp sendiri-sendiri, ada Smart Klamp (Malaysia), Alis Klamp (Turki), Mahdian Klamp (Indonesia), dan masih banyak jenis klamp lain yang digunakan di negara yang berbeda. Dengan menggunakan klamp proses pengerjaan sunat menjadi lebih singkat dan hasil sunat pun menjadi lebih rapih.

Selain klamp, sunat pun bisa menggunakan lem. Jahitan yang berfungsi untuk merapatkan tepi luka digantikan dengan lem. Penerapan lem ini menjadikan bisa lebih cepat dan rapi dibanding sunat manual atau couter biasa.

Alat sunat yang paling mutahir yang ada sekarang adalah Stapler. Alat ini munggunakan steples sebagai pengganti jahitan. Dengan stapler, sunat menjadi lebih cepat dan hasil sunat yang lebih rapi.

Kami di Sunat 123 pun tidak ketinggalan dengan perkembangan penggunaan teknologi alat sunat, bahkan stapler pun telah cukup lama kami pakai dan menjadi alat sunat favorit yang cukup banyak dipilih pasien.

Pengalaman pamakaian stapler dalam hal ini stapler ZSR menjadikan dokter-dokter sunat 123 diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Malaysia bersama- sama dengan dokter sunat dari klinik lain.

Pada tanggal 24 - 26 Agustus 2019, empat orang dokter sunat 123 menjadi anggota Tim pengguna stapler ZSR Indonesia yang melakukan perjalanan ke Malaysia. Perjalanan ini bukanlah sekedar jalan- jalan biasa, karena disela- sela mengenal destinasi tempat wisata Malaysia, kami pun berkesempatan untuk bertemu dengan para dokter praktisi sunat di Malaysia untuk berbagi pengalaman dalam penggunaan pemakaian stapler ZSR.

Dari perbincangan kami mengatahui, meskipun teknologi stapler lebih dulu masuk ke Malaysia dibanding negara kita, namun tingkat pemakaian dan pengalaman penggunaan stapler di Indonesia jauh lebih baik.

Dengan adanya ASDOKI ( Asosiai Dokter Khitan Indonesia), penggunaan stapler khususnya ZSR cepat sekali perkembangannya. Para anggota ASDOKI saling bebagi pengalaman dalam hal cara pemakaian, kesulitan, komplikasi yang bisa timbul dan cara penanganannya, sehingga kepopuleran stapler makin baik.

Pengalaman pemakaian Stepler ZSR ini membuat empat orang tim Sunat 123 diberikan penghargaan berupa sertifikat kompetensi pengguna Stepler ZSR langsung dari produsen ZSR dari Cina bersama praktisi sunat lain dari Indonesia.

Adapun tim dari Sunat 123 yang mendapatkan sertifikat tersebut adalah dr Zacky, dr Shinta, dr Iman dan dr Wira.

Bagi para orang tua atau pasien yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Stepler ZSR silahkan datang atau menghubingi kami klinik Sunat 123. Pemberian sertifikat menjadi bukti bahwa Sunat 123 adalah tempat terpercaya untuk sunat menggunakan Stepler ZSR.

Terakhir diubah pada Rabu, 04 September 2019 14:55

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung (Segera Dibuka)
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri, Kec. Cikarang Barat
Kab. Bekasi. Jawa Barat