Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Fakta tentang Deteksi Dini Kelainan Kelamin pada Bayi Baru Lahir

Artikel Kesehatan Minggu, 30 September 2018 08:07
Nilai butir ini
(3 pemilihan)

Kelainan pada alat kelamin (genital defects) merupakan salah satu kekhawatiran orang tua terhadap bayi baru lahir. Mulai dari ukuran abnormal, organ yang tidak terbentuk sempurna, hingga bentuk alat kelamin yang ambigu, kelainan kelamin dapat berdampak pada kesehatan serta kondisi psikologis si kecil saat beranjak dewasa.

Berencana punya anak dan khawatir terhadap risiko ini? Pelajari fakta-fakta penting berikut sebagai bekal mencari solusinya.

Penyebab Kelainan Kelamin pada Bayi

Penyebab kelainan kelamin pada bayi ternyata bisa hadir sejak dalam kandungan. Salah satu penyebab paling umum adalah kelainan kromosom, yaitu bagian dari sel yang mengandung gen dan DNA. Manusia umumnya memiliki 22 pasang kromosom nonseks dan sepasang kromosom seks di dalam setiap selnya. Jika ada ketidaknormalan dalam proses pembelahan sel, kromosom seks bisa hilang atau malah bertambah, dan menyebabkan kelainan.

Penyebab umum lainnya adalah zat berbahaya yang bisa mempengaruhi perkembangan janin, seperti obat-obatan atau zat kimia tertentu. Ibu hamil bisa mengonsumsinya dengan sengaja, atau terkena/terekspos tanpa sengaja. Perawatan atau terapi yang melibatkan hormon juga berpotensi mengakibatkan kelainan pada kelamin bayi.

Cara Deteksi Dini Kelainan Kelamin pada Bayi

Deteksi dini sangat penting untuk mengetahui kondisi bayi sejak masih dalam kandungan. Jika ada kelainan, dokter dapat menyarankan solusi dini untuk mengatasinya, sehingga dampaknya bisa diminimalisir. Berikut beberapa metode umum deteksi dini:

  • Ultrasonografi
    Ultrasonografi adalah metode umum pemeriksaan janin untuk mendeteksi kelainan sejak dini. Jenisnya bisa berupa USG 3D atau 4D. Tingkat akurasinya biasanya sekitar 77 persen, sehingga Ayah Bunda mungkin harus melakukan tes lain untuk hasil lebih akurat. Akan tetapi, tes ini adalah yang paling disarankan untuk deteksi dini sejak masa kehamilan.
  • Tes darah
    Jika dokter mencurigai adanya kelainan tingkat hormon atau kromosom, Ayah Bunda mungkin harus menjalani tes darah. Tes ini mungkin tidak memperkirakan jenis kelainan yang akan dialami bayi, tetapi bisa mendeteksi ketidaknormalan sejak dini.
  • Tes fisik
    Ketika bayi baru lahir, dokter bisa melakukan pemeriksaan fisik terhadap alat kelamin. Jika kelainan sulit dideteksi, dokter mungkin melakukan metode yang lebih rumit, seperti endoskopi (menggunakan alat untuk melihat bagian dalam saluran kemih/vagina) atau laparoskopi (melihat bagian dalam perut tanpa bedah).

Beberapa jenis kelainan kelamin mungkin baru terlihat saat si anak mulai berusia beberapa bulan atau bahkan tahun. Jika Ayah Bunda melihat kejanggalan pada ukuran atau bentuk alat kelamin, misalnya, segera kunjungi dokter.

Cara Mengatasi Kelainan Alat Kelamin pada Bayi dan Anak

Kelainan alat kelamin umumnya diperbaiki dengan operasi, terutama yang mengubah bentuk organ atau mengganggu fungsinya. Kelainan seperti lubang saluran kemih yang tidak pada tempatnya (epispadia) atau hernia membutuhkan operasi. Ada juga yang membutuhkan perawatan dengan hormon, misalnya penis yang terlalu kecil (mikropenis) pada bayi lelaki.

Beberapa kelainan hanya membutuhkan prosedur kecil atau bahkan tidak sama sekali. Pembesaran buah zakar akibat penumpukan cairan (hidrokel) atau penis yang sedikit bengkok (chordee) biasanya tidak membutuhkan penanganan jika tidak parah. Ada juga kelainan yang membutuhkan prosedur sunat untuk menyembuhkannya, misalnya kulup penis yang terlalu kecil (fimosis) atau kelainan pada bentuk kulup.

Jika anak Ayah Bunda membutuhkan prosedur sunat medis, pastikan hanya menggunakan layanan berkualitas. Sunat 123 menghadirkan layanan sunat profesional di fasilitas yang modern, bersih, dan nyaman. Prosedurnya dilakukan oleh dokter profesional, sehingga sesuai standar. Sunat 123 adalah solusi terbaik untuk memperbaiki kelainan pada bayi baru lahir yang membutuhkan prosedur sirkumsisi.

 

 

Terakhir diubah pada Sabtu, 06 Oktober 2018 05:55
dr. Wira Febrisandi Irsan

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung (Segera Dibuka)
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri, Kec. Cikarang Barat
Kab. Bekasi. Jawa Barat