Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Bagaimana Sunat pada Anak Hemophilia?

Artikel Kesehatan Rabu, 07 Agustus 2019 14:44
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
sunat123.com - Bagaimana Sunat pada Anak Hemophilia sunat123.com - Bagaimana Sunat pada Anak Hemophilia

Ayah Bunda, si kecil yang mengidap hemophilia rentan terhadap pendarahan. Pasalnya, penyakit ini disebabkan oleh kekurangan faktor pembeku darah. Jika terjadi luka atau sayatan kecil, darah sulit berhenti, dan mengalir terus.
Menurut riset, sebagian besar pengidap hemophilia adalah laki-laki. Umumnya, penyakit tersebut merupakan bawaan lahir yang diturunkan melalui kromosom X. Kondisi demikian, tentu menyulitkan ketika proses sunat karena pendarahan tidak bisa dihindari.

Pengidap hemophilia berat mengalami pendarahan lebih sering akibat trauma ataupun spontan. Pendarahan ini bisa terjadi di persendian yang disebut hemartrosis atau bisa juga perdarahan terjadi di bawah kulit yang dikenal dengan hematom. Kejadiannya bisa berulang sehingga menyebabkan nyeri dan kelumpuhan. Oleh karena itu pemberian faktor konsentrat pembekuan penting diberikan pada penderita hemophilia berat.

Oleh karena itu jika anak mengidap jenis hemophilia berat akan disunat, Ayah Bunda harus memperhatikan faktor konsentratnya. Pemberian faktor konsentrat dilakukan sebelum dan sesudah sunat. Ada tiga faktor konsentrat yang bisa dipilih, yakni faktor konsentrat VIII, IX, dan VII. Beberapa pasien hemophilia berat umumnya diberikan faktor konsentrat sebanyak 2—3 kali per minggu. Jika terapi ini dilakukan sebelum sunat, bisa mengurangi—bahkan mencegah—pendarahan. Untuk itu konsultasi ke dokter anak bagian hematologi penting untuk dilakukan untuk menentukan bisa tidaknya sunat dilakukan di klinik.

Pemberian obat anastesi pada penderita hemophilia tidak jauh berbeda dengan anak normal. Setelah mendapatkan persetujuan dari dokter anak untuk dilakukan sunat di klinik. Sama seperti pasien sunat normal, dengan pembiusan lokal, pasien tidak diharuskan untuk berpuasa terlebih dahulu.

Untuk pasien hemophilia harus lebih berhati-hati agar saat pemberian obat anastesi tidak mengenai pembeluluh karena bisa menimbulkan perdarahan. Dengan tindakan yang lebih hati-hati pendarahan bisa berkurang bahkan bisa dihindari.

Usai disuntik dengan prosedur yang tepat, sirkumsisi wajib dikerjakan oleh ahlinya. Setelah sunat, biasanya dokter akan memberikan penyuntikan perawatan.

Memilih Metode Sunat yang Minim Pendarahan

Dulu, sunat hanya bisa dilakukan dengan satu cara, yakni menggunakan alat-alat bedah. Mulai dari gunting, pinset, sampai benang jahit. Prosesnya pun memakan waktu cukup lama, yakni 30—50 menit. Selain itu, pendarahan terjadi lebih banyak ketika anak sunat menggunakan metode tersebut.

Jika diterapkan pada pasien hemophilia, tentu berisiko tinggi. Karena itu, para ahli sirkumsisi menganjurkan pengidap penyakit tersebut memilih metode sunat smart klamp.

Metode smart klamp hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima menit dalam menyelesaikan proses sunat. Di samping itu, smart klamp mampu mengurangi terjadinya pendarahan pada organ vital saat sunat. Bahkan, smart klamp tidak memerlukan perban maupun jahitan untuk menutupi bekas sayatan.

Lantas, alat apa yang digunakan untuk sunat metode smart klamp? Alat smart klamp mirip tabung; dokter akan memasukkan penis anak ke tabung tersebut. Sementara bagian kulup dijepit menggunakan cincin khusus.

Meski minim pendarahan, nyeri tetap terasa usai sirkumsisi. Oleh karena itu, dokter memberikan obat atau salep pereda nyeri. Dengan salep tersebut, si kecil bisa lebih cepat pulih dan beraktivitas seperti biasa.
Kelebihan lain dengan metode smart klamp, anak boleh mandi usai sunat. Pasalnya, bekas luka pada kulit kulup diproteksi oleh jepitan klamp. Karena itu, tetap terhindar dari guyuran air ketika mandi maupun renang.

Itulah ulasan seputar sirkumsisi pada pengidap hemophilia yang harus Ayah Bunda perhatikan. Kesimpulannya, pengidap kekurangan faktor pembeku darah tetap bisa melakukan sunat dengan prosedur khusus. Jika membutuhkan informasi tentang prosedur sunat dan perawatan pascasunat, silakan mengakses situs sunat123.com.

Selain itu, Ayah Bunda juga bisa menggunakan layanan sunat 123 melalui situs tersebut. sunat 123 merupakan klinik modern yang menyediakan berbagai metode sunat, fasilitas lengkap dan nyaman, serta beragam layanan sunat. Tentunya, sunat 123 didukung dokter sunat berpengalaman, ramah, andal, dan profesional.

dr. Wira Febrisandi Irsan

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Alamat
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10570
No. Telp
(021) 214 818 02
0822 19 123 123